LIPUTAN15.COM – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) merebak di beberapa wilayah kota Manado Sulawesi Utara.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Manado, tercatat dari Januari hingga Desember 2021 ada 137 Kasus.

Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Joy Zekeon menyampaikan pada bulan Desember terjadi peningkatan kasus DBD. “Memang ada kenaikan pada kasus DBD,” kata dr Joy.

Zekeon menyampaikan, saat ini Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas melakukan penanganan berupa penyemprotan maupun pemantaun secara masif juru pemantau jentik (jumantik)

Bagi warga yang ingin melakukan penyemprotan agar bisa menghubungi Dinas Kesehatan Kota Manado atau melalui Puskesmas terdekat.

“Untuk penyemprotan silahkan hubungi Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat. Dan dihimbau untuk warga agar terus menjaga kebersihan lingkungan dengan memberantasan sarang nyamuk DBD dengan metode 5M (Menguras, Menaburkan, Mengganti, Menutup, dan Menimbun),”ujar dr. Joy Zekeon.

Dari data tercatat beberapa wilayah di kota manado dengan kasus DBB cukup tinggi diantaranya Kelurahan Malalayang 1, Kelurahan Paniki Bawah dengan 8 kasus. Dari informasi diterima, Kamis (6/1/2021) kemarin bocah berusia 5 tahun bernama El Nino warga Kelurahan Sindulang Kecamatan Tuminting meninggal akibat DBD sejak dirawat di RSUD Prof Kandouw sejak 1 Januari 2021.