Gunung Emas Viral! Warga dan Angkatan Bersenjata Berbondong-Bondong Menggali Emas

LIPUTAN15–Apa jadinya kalau kadungan di gunung 90 persen emas. Hal ini ditemukan di Kongo Afrika, provinsi Kivu Selatan. Penemuan tersebut jadi viral, sehingga warga berbondong-bondong datang untuk menggali gunung tersebut.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, terlihat warga mengeruk tanah dengan sekop dan mengumpulkan tanah itu ke sebuah wadah. Di sisi lain, terlihat pula ada warga yang menggali dengan tangan kosong.

Bacaan Lainnya

Dalam laman Twitter, seorang jurnalis asal Yaman, dengan akun @AhmadAlgohbary, terlihat bagaimana penampakan warga di gunung tersebut. Bukan hanya berebut mengeruk tanah di gunung itu, ia juga mencantumkan bagaimana video orang-orang memisahkan tanah dan emas dengan air di lokasi tersebut. 

Penemuan gunung emas ini diakui pemerintah setempat. Bahkan mengutip Unilad, lokasi gunung itu berada di desa Luhihi yang berjarak 50 kilometer dari Bukavu, ibu kota Kivu Selatan.

Menteri Pertambangan Kivu Selatan Venant Burume menyatakan bahwa sebenarnya penemuan ini sudah dari akhir Februari lalu. Tidak lama setelah penemuan itu, banyak orang termasuk angkatan bersenjata Kongo (FARDC) datang ke lokasi untuk berusaha mencari emas-emas itu.

Akibatnya pemerintah mengeluarkan peraturan untuk menghentikan sementara aktivitas penambangan. Dalam sebuah surat perintah pemerintah menginstruksikan pedagang, penambang dan anggota angkatan bersenjata Kongo agar meninggalkan lokasi tambang. (*)

Artikel ini diambil dari CNBCIndonesia.com.

Pos terkait

YcV7F1.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *