Satu Warga Meninggal Karena Rabies, Ini Pesan Dinkes Sangihe

LIPUTAN15–Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe mengimbau kepada masyarakat agar segera ke pusat layanan masyarakat jika terkena gigitan binatang peliharaan yang dapat menularkan rabies. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan dr. Yopi Thungari ketika Ditemui awak media diruang kerjanya.

Dia mengatakan, mereka sudah mendapatkan satu korban meninggal karena Rabies. “Benar sudah ada kasus satu orang meninggal di RSUD Liun Kendage Tahuna,  dan kami berharap jika terjadi kasus gigitan anjing mohon anjingnya di perhatikan dan apabila dalam dua minggu anjing tersebut sakit maka anjing tersebut positif rabies dan segera kepuskesmas untuk mendapat vaksin,” ucap Thungari.

Bacaan Lainnya

Dia juga menjelaskan, Dinas Kesehatan hanya menyediakan vaksin khusus manusia dan gratis.

“Jadi kalau terjadi kasus maka pihak puskesmas yang akan membuat permohonan ke kami dan kami akan memberikan vaksin secara gratis,  dan penyuntikan akan dilakukan dipuskesmas,” jelasnya.

Thungari juga menjelaskan, pentingnya penanganan dini terkait gigitan binatang seperti Anjing,  Kucing atau pun kelelawar.

“Jadi jika digigit binatang yang dapat menularkan Rabies Seperti Anjing,  Kucing dan Kelelawar segera lakukan pertolongan pertama,  seperti mencuci bekas gigitan dengan sabun batangan dengan air mengalir selama kira kira 20 sampai 30 Menit.  Baru ke puskesmas terdekat,” tutupnya. (Arno)

HcqgQxp.jpg HcBz0ap.jpg HcBzUN9.jpg HcBI2lR.jpg HchYw6g.jpg HchYUwN.jpg H01Osob.jpg H01evzg.jpg

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *