Selain Zelenskyy Jokowi Juga Undang Putin ke Bali

LIPUTAN15.COM – Dalam rangka puncak gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November mendatang, Presiden Joko Widodo telah mengundang dua presiden yang saat ini negaranya sedang berperang yakni Presiden Rusia Valdimir Putin dan Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Dalam telekonferensi Jumat (29/4/2022) dijelaskan terkait perihal Jokowi undang Putin ke Bali, juga demikian terhadap Zelenskyy.

Jokowi menyatakan telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk ikut menghadiri pertemuan puncak KTT G20 pada November mendatang di Bali. Undangan tersebut disampaikan Jokowi kepada Zelenskyy lewat sambungan telepon pada Kamis (28/4/2022).

Bacaan Lainnya

Undangan ini bukanlah tanpa alasan. Ia menjelaskan bahwa ajang forum ekonomi global tersebut merupakan katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia yang saat ini sangat bergantung kepada dua hal, yakni pemulihan pandemi COVID-19 dan perang Ukraina.

“Dalam konteks inilah, maka dalam pembicaraan per telepon kemarin (28 April) saya mengundang Presiden Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20,” ungkap Jokowi lewat telekonferensi pers di Jakarta, Jumat (29/4/2022).

Dalam perbincangan tersebut, Jokowi mengatakan telah memperoleh update mengenai perkembangan situasi terkini di Ukraina, termasuk permintaan bantuan senjata.

Namun, Jokowi menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia, negara melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain. Namun, ia memastikan bahwa Indonesia siap untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

jBxmRp.jpg hryL5g.jpg h49Hgt.jpg h4927n.jpg h49o1S.jpg h49xr7.jpg h49I29.jpg h49Amb.jpg

Pos terkait

UWQaaI.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.