LIPUTAN15.COM- Liverpool berhasil melaju ke semifinal Liga Champions usai mengalahkan Manchester City pada leg kedua perempat final di Stadion Etihad, Selasa (10/4) waktu setempat.

Manchester City sempat unggul di babak pertama lewat gol cepat Gabriel Jesus di menit kedua. Striker asal Brasil itu berhasil menyambar umpan tarik Raheem Sterling dari sisi kiri pertahanan Liverpool. Gol cepat Jesus membuat Man City makin percaya diri untuk menekan pertahanan Liverpool.

Ia bahkan nyaris menggandakan keunggulan Man City di menit ke-20, namun sontekannya masih bisa diblok bek lawan. Man City sebenarnya memiliki sejumlah peluang bagus dari kaki Leroy Sane dan Bernardo Silva, namun belum juga berhasil jadi gol.

Sementara peluang terbaik Liverpool terjadi pada menit akhir babak pertama. Mohamed Salah berhasil merangsek ke wilayah pertahanan Man City hingga mengecoh kiper Ederson, namun tembakannya masih melambung. Skor 1-0 untuk keunggulan Man City bertahan hingga babak pertama usai.

Penyelesaian akhir yang buruk di babak pertama jadi petaka bagi Man City. Tim tamu justru berhasil mencetak gol di menit ke-56 melalui aksi Mohamed Salah. Gol dari Salah praktis membuat mental para pemain Man City ambruk. Mereka harus mengejar defisit lima gol karena sebelumnya Liverpool menang 3-0 di leg pertama. Permainan panik Man City justru membuka celah lebar untuk Liverpool. Gol Roberto Firmino di menit ke-77 semakin membuat Man City terpuruk dan tak mampu membalas. Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil tersebut Liverpool berhak melangkah ke babak semifinal Liga Champions setelah unggul kemenangan agregat 5-1 atas Man City.

Susunan pemain.

Manchester City: Ederson; Walker, Otamendi, Laporte; Fernandinho, De Bruyne; Sterling, Bernardo Silva, David Silva, Sane; Gabriel Jesus. Liverpool: Karius; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Oxlade-mChamberlain, Milner, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Sumber: CNN.Indonesia