LIPUTAN15.COM–Pelaksanaan Asian Games akan memberikan keuantungan untuk Indonesia. Menteri Pariwisata Arief Yahya memproyeksi Indonesia bisa mengantongi devisa sebesar Rp 3 triliun sepanjang Asian Games dari perhitungan perkiraan kedatangan rombongan atlet dan peserta.

“Saya bulatkan saja. Jumlah atlet dan rombongan resmi 20 ribu, penonton diproyeksikan 150 ribu. Total 170 ribu dengan proyeksi devisa sekitar Rp3 triliun,” kata Arief Yahya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (4/5), seperti dilansir CNN Indonesia.com

Guna merealisasikan hal itu, kata Arief, Kementerian Pariwisata telah menyiapkan 75 paket untuk tujuh destinasi wisata di Indonesia. Destinasi utama tetap berada di Jakarta, Palembang, Jawa Barat, Banten, serta Bali. Acara olahraga yang dihelat empat tahun sekali itu mulai diselenggarakan 18 Agustus di Jakarta dan Palembang selama sebulan.

“Sudah kami jual tahun lalu dan sudah promosi. Kami sudah field trip ke Jakarta dan Palembang. Kami akan promosikan ke mana-mana,” tuturnya.

Awal tahun ini, Kemenpar turut memamerkan informasi pariwisata serta Asian Games 2018 dalam ASEAN Tourism Forum di Thailand. Dalam pameran tersebut, Kemenpar membawa 42 industri pariwisata Indonesia.

Tak hanya itu, Kemenpar juga mempromosikan paket wisata Asian Games 2018 dalam National Association of Travel Agents Singapore di Singapura akhir Maret.

Mereka menawarkan kekayaan alam Indonesia, spot terbaik berfoto, wisata kuliner, keindahan songket Palembang, wisata alam, serta wisata sejarah.