LIPUTAN15.COM– Sebagai bentuk kepedulian, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME menyerahkan 10 kapal tangkap pamo ukuran 3GT.
Bantuan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),  diserahkan langsung bupati di Kecamatan Kendahe, Kampung Pempalaraeng, Rabu (27/09/18).

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ernes Unas, melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Veldy Damasar S.Pi dalam laporannya mengatakan, sepuluh anggota Kelompok ini terpilih melalui seleksi dari tim penilai Dinas Perikanan dan Kelautan yang telah melakukan seleksi yang sangat ketat, sehingga terpilih 10 kelompok yang boleh menerima perahu 3GT. “Selain mendapatkan bantuan perahu, mereka juga menerima bantuan mesin gantung 40 PK, kompas dan alat tangkap dalam keadaan baik beserta BBM,” bebernya.

Sementara itu, bupati dalam sambutanya mengatakan, ini adalah bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kiranya bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi kelompok yang sudah dipercayakan diberikan bantuan, karena saat ini dari pemerintah pusat melalui program Presiden Joko Widodo sudah meniadakan segala bentuk ilegal fishing di negeri ini dan ini berdampak bagi pendapatan para nelayan di negeri kita ini,” ujarnya.

Menurut Gaghana,  para ketua kelompok agar dapat melaporkan hasil tangkapan kepada pihak DKP, ini bertujuan agar pemerintah dapat memonitor jumlah tangkapan pihak penerima bantuan dan dapat memastikan bantuan ini berguna dengan baik. “Bagi pemerintah kampung dan kecamatan agar menjalankan fungsinya dalam pengawasan bantuan yang diberikan,  karena jika terdapat penyalahgunaan kedepannya pihak pemerintah dapat menarik kembali bantuan dan diberikan kepada yang lebih layak menerimanya,” tutup Gaghana. (Marno)