LIPUTAN15–Mega Bintang Juventus Cristiano Ronaldo menyelamatkan Juventus dengan meraih kemenangan atas tuan rumah Empoli dengan skor 2-1, dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Carlo Castellani, Sabtu (27/10).

Empoli memberikan kejutan untuk Juventus pada menit ke-28. Dalam sebuah skema serangan, lini belakang Juventus tidak bisa memberikan respons baik untuk membuang bola. Francesco Caputo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia melepaskan tembakan ke arah pojok kanan yang tak bisa ditangkap oleh Wojciech Szczesny.

Secara keseluruhan, Empoli mampu bertarung dengan seimbang lawan Juventus di babak pertama. Empoli melepaskan empat tembakan, tiga di antaranya tepat sasaran, berbanding dengan Juventus yang hanya mendapatkan dua tembakan tepat sasaran dari tujuh percobaan tembakan yang dilakukan.

Tertinggal 0-1 di babak pertama membuat Juventus coba langsung menekan pertahanan Empoli. Setelah tembakan Miralem Pjanic gagal berbuah gol di menit ke-48, Juventus akhirnya punya kesempatan menyamakan kedudukan di menit ke-54 lewat tendangan penalti yang diberikan oleh wasit Gianpaolo Calvarese.

Penalti diberikan usai Paulo Dybala dianggap dilanggar oleh Ismael Bennacer. Pemain-pemain Empoli sempat melakukan protes atas keputusan tersebut namun wasit tetap pada pendiriannya.

Cristiano Ronaldo yang berperan sebagai eksekutor mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Ronaldo mengirim bola ke arah yang berlawanan dari reaksi kiper Ivan Provedel yang melompat ke kiri.

Setelah menyamakan kedudukan jadi 1-1, Ronaldo lalu mencetak gol keduanya di menit ke-70. Setelah menerima sodoran bola dari Blaise Matuidi, Ronaldo memutuskan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok kanan aas gawang Empoli.

Pada sisa waktu yang ada, Empoli berusaha menekan Juventus namun keseimbangan tim Bianconeri mampu meredam serangan Empoli. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Tambahan tiga poin dari markas Empoli membuat Juventus makin kokoh di puncak klasemen dengan nilai 28 poin dari 10 laga yang telah dimainkan.

Susunan Pemain

Empoli (4-3-2-1)

Ivan Provedel; Giovanni Di Lorenzo, Matias Silvestre, Domenico Maietta, Luca Antonelli (Manuel Pasqual 69); Afriyie Acquah, Ismael Bennacer, Rade Krunic; Hamed Junior Traore (Antonio La Gumina 82), Miha Zajc (Salih Ucan 75); Francesco Caputo

Juventus (4-3-3)

Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio (Andrea Barzagli 90), Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic (Douglas Costa 80), Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi (Juan Cuadrado 66), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo (end)