LIPUTAN15–Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E  Gaghana  SE. ME bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), pada HUT ke-73 TNI, di Lapangan Gesit Tahuna, Jumat (5/10/2018). Selaku Komandan Upacara Palaksa Laut (P) Oni Harianto, dan Perwira Upacara Kapten Selsius Wangka.

Gaghana dalam amanatnya mengatakan, pada kesempatan ini marilah sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa, agar meringankan beban saudara kita yang berada di Palu, Donggala dan Sigi, demikian juga derita yang dirasakan saudara Lombok. “Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai mereka, dalam memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala,” harapnya.

“Semoga pula apa yang telah kita laukan bersama baik dalam bentuk bantuan fisik maupun Doa, dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan tersebut,” tambah Gaghana

Menurut Gaghana, TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainya telah bekerja bahu-membahu, dan berupaya sekuat tenaga mengurangi derita dari saudara yang terkena bencana. “TNI telah menggerakan personel untuk memberikan pertolongan pertama melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasarana mereka,” ungkapnya.

Bupati menambahkan, apa yang dilaksanakan dilokasi bencana baik pengarahan personel adalah bagian dari bentuk profesionalisme TNI. “Oleh karena itu, sangat tepat peringatan HUT TNI ke 73 ini mengambil tema profesionalisme TNI untuk Rakyat, singkat namun padat ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan melalui berbagai pendidikan, latihan untuk seluruh rakyat Indonesia,” tutur dia.

Turut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, Danlanal Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo, Dandim Kodim 1301/Sangihe Inf Lotkof Saiful Parenrengi, Kejari Tahuna M Irwan Datuinding, Prajurit Lalal Tahuna, Prajurit, Kodim 1301/Sangihe, anggota Polres Sangihe, Satpol-PP, Siswa/siswi SMP, SMA. (Arno)