LIPUTAN15 –Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus seleksi administrasi mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Hari pertama SKD telah dijalani oleh sekian ribu peserta CPNS di seluruh Indonesia pada Jumat (26/10). Bagaimana pendapat mereka yang telah mengikuti tes tahap kedua CPNS ini?

Krisna, salah satu pelamar CPNS di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyebut soal yang paling sulit baginya adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Soal-soal di subtes ini, kata warga Jakarta Timur ini, cukup acak.

“Yang paling susah TWK karena soalnya random dan kita sudah lama juga nggak di sekolah dan belajar kayak sejarah gitu,” kata Krisna pada CNNIndonesia.com di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan usai menjalani tes.

Di sisi lain, peserta tes lainnya di tempat yang sama, Akhyani Siregar dari Batam, mengaku tingkat kesulitan dari tes SKD memang terlihat dibuat tinggi. Namun sebetulnya soal-soal yang keluar tidak jauh dari materi yang sudah banyak beredar di internet.

“Soalnya sih pasti dibuat sesusah-susahnya ya, tapi kalau sudah belajar pasti bisa. Nggak jauh-jauh kok dari contoh-contoh soal yang beredar di internet,” kata Akhyani yang rela ngekos sebulan di Depok demi ujian CPNS.

Pelamar CPNS lain, Rafli Dermawan memandang soal-soal yang dia kerjakan juga cukup sulit. Namun dia tak terkejut soal-soal semacam itu keluar, sebab dia sudah belajar sejak awal pendaftaran untuk bekal ujian seleksi ini.

“Ya lumayan, saya sudah baca-baca saat masa pendaftaran. Tipsnya, belajar aja, baca-baca soal simulasi CPNS biar pas ketemu soalnya nggak kaget ngeliat soalnya,” tuturnya.

SKD merupakan ujian dengan tiga subtes. Adapun materi jenis soal SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas yang berbeda-beda menurut jenis formasinya.

Tes dilaksanakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. Peserta yang berhak mengikuti tes ini adalah pendaftar yang lulus seleksi administrasi. (end))