LIPUTAN15,SANGIHE–Senam Budaya Daerah yang baru disahkan melalui Peraturan Bupati akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Sangihe ke 594.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga, melalui Kasie Olahraga Pendidikan, Sentra Olahraga, Olahraga Rekreasi,  olahraga Tradisional dan Pelayanan Khusus, Citra Abast sebagai penginisiasi lahirnya Perbub ini mengatakan, kepada awak media senam ini diangkat dari hirarki budaya daerah perbatasan dan menjadi kekayaan daerah Sangihe, dan proses mematenkan senam kreasi milik Kabupaten Sangihe ini melalui proses yang panjang sampai ditetapkan melalui perbub.

“Saat ini bungke ini telah menjadi tarien kreasi milik kita (sangihe) karena telah diatur dalam Perbub Nomor 5 tahun 2019 ini,” Jelasnya.

Lanjutnya, juga guna mensosialisasikan senam ini selain sudah dilakukan disetiap acara medaseng, juga akan dilombakan pada tanggal 28 Januari nanti yang akan diikuti peserta dari tingkat SD dan SMP untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sangihe, sekalugus dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat Sangihe.

“Bungke sebagai tari khas daerah sepatutnya diketahui dan dikenal oleh semua lapisan masyarakat sebagai kekayaan budaya kita, karna itu akan kami sosialisasikan ke 15 kecamatan yang ada, dan akan dilombakan dalam rangka memeriakan HUT ke 594 Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tutupnya. (Arno)