LIPUTAN15.COM-Tahun depan guru dan honorer tetap akan sejahtera. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan guru PNS maupun honorer akan tetap mendapat tunjangan di tahun depan. Namun, jumlah dana pasti yang disediakan belum ia rinci.

Menurutnya dana untuk tunjangan profesi guru dialokasikan dalam anggaran pendidikan 2023 yang jumlahnya Rp608,3 triliun atau 20 persen dari belanja tahun depan.

“Tunjangan profesi guru baik PNS dan non PNS akan tetap disediakan. Sasarannya 556,9 ribu guru non ASN yang mendapatkan tunjangan profesi guru,” ujarnya dalam ruang rapat Badan Anggaran DPR RI, Selasa (30/8).

Selain tunjangan honorer, pemerintah bakal melanjutkan pemberian bantuan bagi pelajar hingga mahasiswa tidak mampu. Tahun depan, Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah masing-masing bakal menyasar 20,1 juta siswa dan 976,8 ribu mahasiswa.

Pemerintah juga bakal tetap melanjutkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Transfer ke Daerah (TKD) yang anggarannya mencapai Rp305 triliun.

“TKD Rp305 triliun dari pendidikan untuk membiayai operasional sekolah 44,2 juta siswa dan BOS PAUD untuk 6,1 juta peserta didik,” jelasnya.