LIPUTAN15.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) menggelar sosialisasi peran serta insan pers/media dalam penyebaran informasi tentang Pemilu dan pemilihan tahun 2024,di KNT Restaurant Aermadidi, Senin (10/10/2022).

Ketua KPU Hendra Lumanauw SH, MH dalam penyampaiannya menjelaskan, sosialisasi ini merupakan langkah awal tahapan Pemilu tahun 2024, dimana kehadiran insan pers sangat dibutuhkan dalam mendukung setiap tahapan Pemilu.

Sesuai UU, Pemilu diputuskan pelaksanaannya pada tanggal 14 februari tahun 2024 dan pilkada jatuh pada tanggal 27 november 2024.

“Peran pers sangat mendukung dalam mensukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024” tutur Hendra.

Lebih jauh ia menjelaskan, KPU saat ini sedang menggodok para calon peserta pemilu yang akan tampil sebagai kontestan dan dari 16 Parpol peserta pemilu yang ada sekarang untuk peserta pemilu tahun 2019 yang mendaftar dan sedang diproses verifikasi administrasinya sebanyak 24 Parpol di Kabupaten Minahasa Utara.

“Untuk proses verifikasi administrasi saat ini,ada 24 partai politik yang terdaftar di Minahasa Uatara ini. Sebelumnya tahun 2019 ada 16 Parpol yang menjadi peserta Pemilu” ucap Hendra sembari membuka kegiatan.

Sementara ketua Divisi sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat, dan SDM Dahrul Halim SH membeberkan tentang tahapan perekrutan badan ad hock, akan dimulai pada bulan November.

Dalam menghadapi tahapan ad hock ada perbedaan dengan pelaksanaan pemilu lalu. Perbedaannya, saat ini KPU memilki satu aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mendaftar sebagai badan ad hock.

“KPU saat ini sudah ada aplikasi namanya SIAKBA. Jadi secara umum masyarakat punya kemudahan untuk mendaftar. Dalam arti tidak perlu harus datang membawa berkasnya, tapi sudah bisa mengakses kelengkapan berkasnya di aplikasi ini,” ungkap Halim.

Hadir juga narasumber,ketua Bawaslu Minahasa Utara Roki M Ambar SH. (jane lape).