LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar PAUD Tahun 2022 digelar di terung Kabasaran, Rabu (30/11/2022).

Kabid Paud & PNF Dra Jeannedarc M Pontoh mengatakan, kegiatan ini untuk penguatan para guru PAUD se Kota Tomohon.

“Kegiatan ini pada dasarnya memberikan ilmu dan pengetahuan bagi para guru PAUD tentang merdeka belajar, bukan hanya guru tapi bagi juga para murid,” ujarnya.

Menurutnya, profil pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional, juga berperan sebagai referensi utama yang menggerakkan kebijakan pendidikan. Termasuk menjadi acuan untuk bagi para pendidik dalam membangun karakter serta membangun kompetensi para guru.

“Nah profil pelajar Pancasila harus di mengerti oleh seluruh pemangku kepentingan karena pernah yang sangat penting,” ujarnya.

Profil ini perlu di ingat dan dijalankan oleh para guru dan pelajar, agar dapat dihidupkan dalam kegiatan sehari-hari. Baik di kelas maupun di mana saja.

Berdasarkan pertimbangan tersebut profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi yaitu
beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis
dan kreatif.

“Nah ini dasar dari profil pelajar Pancasila yang harus di terapkan dan di emplentaasikan bagi para guru , untuk itu kegiatan ini di lakukan,dan semoga apa yang sudah di sampaikan oleh narasumber pengembangan kurikulum dan bahan ajar PAUD,” pungkas Arianto Batara, M.Pd