“Operasi berjalan lancar. Kabar baik pasien yang dioperasi sudah bisa mengeluarkan urine. Suksesnya transplantasi ini karena kerja tim,” tambahnya.

Sementara Dirut RSCM dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS mengucapkan selamat kepada RSUP Kandou yang sukses melakukan transplantasi ginjal.

“Intinya kita mempunyai program dan rencana supaya RSUP Kandou bisa mandiri dalam melaksanakan transplantasi ginjal. Kami RSCM sebagai pengampu sangat mendukung,” ungkapnya.

Terpisah, Menteri Kesehatan melalui Sekretariat Direktoral Jenderal Layanan Kesehatan dr Sunarto juga mengucapkan selamat kepada RSUP Kandou yang sukses melaksanakan transplantasi ginjal.

“Dan untuk mendukung transformasi layanan, pertama rumah sakit vertikal itu harus mampu memberikan layanan yang terbaik. Kalau bisa selevel dengan negara-negara di Asia,” ungkapnya.

Lanjutnya, kedua rumah sakit vertikal harus menjadi pengampu, terutama untuk 9 penyakit prioritas. Artinya tidak boleh eksklusif, tapi harus inklusif. Pengampu memberikan proporsi memberikan pengetahuan pada rumah sakit sekitar. Dan yang ketiga rumah sakit vertikal itu harus menjadi tempat penelitian yang normal untuk meningkatkan mutu lahir.