Liputan15.com,Minut-Bupati Minut Joune Ganda SE,MAP,MM,M.Si, menghadiri ibadah peresmian gedung pastori Jemaat GMIM Kasih Kristus Kauditan, Sabtu (14/10/2023).

Dalam sambutannya Bupati berujar, sebagai pemerintah kabupaten Minahasa Utara memandang ini sebagai hal yang sangat positif. Bagi pemerintah ini menunjukkan adanya semangat gotong royong yang luar biasa dalam kehidupan berjemaat di GMIM Kasih Kristus.

“Dengan adanya fasilitas yang di berikan berupa pastori yang baru saja di resmikan saat ini, saya yakin dan percaya adalah berkat yang diberikan Tuhan kepada jemaat disini. Dan apa yang diberikan jemaat kepada gereja, tentunya sangat bermanfaat bagi jemaat. Ini tentunya memberikan semangat bagi seorang pendeta dalam kepelayananannya,” ujar Ganda.

Dia juga menambahkan tentang hal yang sering digaungkan oleh ketua sinode GMIM, bahwa dibutuhkan regenasi gereja yang juga merupakan generasi bangsa dan negara.

Lanjut bupati, pada kondisi alam saat ini yang masih sementara berjalan panas elnino, sangat dibutuhkan kewaspadaan untuk pencegahan terjadinya kebakaran.

“Sering dikatakan oleh Ketua Sinode, kita juga membutuhkan regenasi sebagai estafet kedepan. Baik bagi gereja, maupun bangsa dan negara,” katanya.

Dia juga mengatakan, ini panas elnino. Ini perlu kita antisipasi. Pemerintah terus berupaya membantu masyarakat. Kami juga mengingatkan kewaspadaan bagi masyarakat supaya hati-hati saat membakar sampah. Sehingga disituasi panas elnino yang sementara berjalan ini, kita bisa mengantisipasi terjadinya suatu kebakaran.

“Intinya kita tetap bersyukur, bahwa Tuhan selalu ada bersama kita. Apapun yang ada di alam ini, menjadi kewajiban kita untuk menjaganya,” imbuh bupati.

Lebih jauh bupati berharap, pastori yang baru dibangun, sekiranya bisa dijaga dengan baik. Dia terus memberikan suport kepada Jemaat GMIM Kasih Kristus, bahwa saat Pemerintah akan terus berupaya dalam hal pemberian bantuan kepada gereja.

“Kedepan, Pemkab akan berupaya memberikan bantuan. Baik bantuan bangunan maupun bantuan lainnya.
Tahun 2923 ini, kurang lebih enam miliar bantuan yang kami berikan kepada rumah-rumah ibadah,” tandasnya.

Kesempatan ini juga Bupati membubuhkan tanda tangannya pada prasasti Pastori yang baru dan menyaksikan pengguntingan pita oleh Pdt. Joice Sondakh MTh selaku Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Pelsus dan Pekerja GMIM.

Turut hadir dalam acara ini, para penjabat eselon II Lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yaitu, Alan Mingkid, Robby Parengkuan, Steven Tuwaidan, Ketua WKI Wilayah Minawerot Pnt. Masye Dondokambey, Hukum Tua Desa Kauditan 1 Dkn Nancy Worung, Hukum Tua Desa Kauditan II Nonce Makarau, Ketua Wilayah Minawerot Pdt Theogives Karundeng M.Th, Sekretaris Wilayah Debby Kalempung S.Th, Pdt Telda Kasib S.Th, Pdt Evayanti Laoh S.Th, Pdt Revini Sampul S.Th, Tamu undangan dan seluruh jemaat GMIM Kasih Kristus Kauditan. (Jane )