Sangihe, Liputan15.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Melanchton H. Wolff, ST. ME membuka rapat Koordinasi dan Evaluasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kepulauan Sangihe, pada rabu (25/10/23) yang dilaksanakan di ruang serbaguna rumah jabatan Bupati Kepulauan Sangihe.

Dalam sambutannya Sekda mengungkapkan harapannya terkait upaya mengatasi masalah stunting di daerah. Menurutnya, perlu dilakukan analisis yang tepat untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan stunting, meskipun infrastruktur air bersih dan sanitasi sudah cukup baik.

“Diperlukan pemahaman yang lebih mendalam apakah perbaikan diperlukan dalam hal gizi, pola asuh, dukungan kesehatan, atau infrastruktur.” Jelasnya

Sekda juga menekankan pentingnya fokus pada perkembangan anak balita ke depannya, bukan hanya meraih penghargaan penurunan stunting semata.

“Saya minta bapak dan ibu orang tua asuh untuk terlibat langsung dalam wawancara sebelum memberikan bantuan kepada anak-anak yang terkena stunting, agar bantuan yang diberikan lebih sesuai dengan kebutuhan mereka” Ucapnya

Lanjutnya turun ke lapangan adalah upaya untuk memastikan bantuan yang diberikan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Diakhir sambutannya Sekda berkeyakinan bahwa melalui kerja sama, kita dapat mencapai tujuan dalam mengatasi masalah stunting.

“kirannya pertemuan hari ini tidak hanya menjadi wacana, tetapi juga menghasilkan tindakan nyata yang dimulai dari masing-masing lingkungan mereka, karena setiap tindakan memiliki nilai yang berarti” Kuncinya