LIPUTAN15.COM – Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang, Kamis (23/11/2023) pagi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta Sosialisasi Peraturan Walikota Manado Nomor 28 tahun 2023 bertempat di Hotel Granpuri Manado.

Dalam sambutannya membuka kegiatan, Wakil Walikota menyampaikan, dalam konteks layanan transportasi, kesibukan dan kepadatan Nataru tentu telah dialami setiap tahun.

Dikatakannya, secara umum pergerakan transportasi tahun ini sudah mulai mendekati kondisi dimasa sebelum pandemi. Dengan kenaikan tersebut maka dapat memprediksi nataru kali ini akan lebih padat dan sibuk.

“Itu sebabnya, rakor ini menjadi upaya antisipasi bahkan peningkatan pelayanan pemerintah demi terselenggaranya transportasi yang aman layak dan lancar,” tutur Wawali.

“Melalui rakor ini saya mintakan kepada rekan – rekan sekalian seluruh stekholder agar senantiasa berkomunikasi dan berkoordinasi. Dengan begitu setiap rancangan dan tindakan akan terarah, tertata teratur,efektif dan efisien,”ucapnya.

Wawali juga menambahkan perlu adanya komunikasi publik yang baik dan logis agar masyarakat paham dan menerima maksud dari kebijakan pemerintah terkait pengaturan transportasi Nataru 2023/2024.

Sosialisasi Perwako Manado nomor 28 tahun 2023 tentang pembatasan waktu operasional kendaraan angkutan barang dengan muatan sumbu terberat lebih dari 5 ton menurutnya ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai regulasi waktu operasional kendaraan angkutan barang dengan muatan sumbu terberat lebih dari 5 ton.

“Menjadi harapan kita sekalian bahwa operasional angkutan barang terutama angkutan berat, tetap berjalan lancar dan tidak mengganggu kelancaran keamanan dan keselamatan lalu lintas,” pungkasnya.

Pada rapat koordinasi tersebut dihadirkan para narasumber yaitu Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado Jeffri Worang SE., Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Yulfa Irawati SE.SIK. dan Dandenpom 131/ Manado Letkol Andi Suhandi SE.

Turut hadir, Asisten 2 Bidang Perekonomian Atto RM Bulo SH,.Perwakilan KSOP Manado, Kabid Gakkum Ditlantas Polda Sulut AKBP Roy Tambajong, Perwakilan Jasa Marga, Pengurus DPD Alvi/Ilva Provinsi Sulut dan perwakilan Dinas PUPR.