LIPUTAN15.COM – Untuk meningkatkan kompetensi Tim Reaksi Cepat (TRC) saat terjadi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado menggelar latihan penyelamatan evakuasi korban dari ketinggian gedung.

Adapun latihan tersebut berpusat di Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Manado. Latihan berlangsung kurang lebih 2 jam ini diikuti oleh para relawan seperti dari Tagana, Damkar, SatPol PP serta utusan dari Forum Anak Daerah kota Manado.

“Ini untuk membina dan melatih kemampuan petugas dan para relawan. Kota Manado termasuk daerah yang rawan bencana. Jadi dengan adanya latihan ini, para rescuer harapannya mempunyai kemampuan untuk menyelamatkan orang lain. Sehingga jika terjadi sesuatu kita sudah siap menjalankan tugasnya,” ujar Kalak BPBD Kota Manado Donald Sambuaga.

Sambuaga menambahkan, kedepan akan dibentuk TRC gabungan dari beberapa instansi.

Dalam latihan Kesiapsiagaan Tim Reaksi Cepat (TRC) para peserta mendapatkan materi teori dan praktik.

Untuk pelaksanaan operasi, para rescuer berhadapan dengan latihan medan yang berat seperti penyelamatan korban dari atas gedung dan penyelamatan korban di atas ketinggian dengan ruang gerak yang sempit dan terbatas.

“Harapannya seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dalam bidang penyelamatan,”ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Manado Mario Karundeng.