LIPUTAN15.COM – Theater Club Manado dan HSI (Humaju Sastra Indonesia) Unsrat kembali mementaskan pementasan produksi di tahun 2023 dengan pertunjukan Teater “Bulan Bujur Sangkar – Karya Iwan Simatupang”.

Kegiatan ini diisi oleh sejumlah pementasan seni seperti baca puisi/musikalisasi puisi, monolog, pameran karya lukis, dan pertunjukkan utama yakni pentas teater yang diketahui disutradarai oleh King Kaligis.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Teater FIB Usrat pada Jumat, 24 November 2023 turut dihadiri Pimpinan FIB Unsrat yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Ivan Kaunang, dan pegiat seni progresif yaitu Fredy Wowor, Dean Kalalo, Achi Talanggai, dkk. Pertunjukan juga diramaikan oleh puluhan mahasiswa dan alumni FIB Unsrat.

Rangkaian pementasan yang berlangsung kurang lebih dari 2 jam ini banyak mendapat apresiasi, Fredy Wowor menyatakan bahwa “Terlepas dari kekurangan teknis yang ada, semangat para penyelenggara maupun para aktor ini sangat luar biasa dan perlu didukung, mengingat para pemain adalah aktor-aktris baru.” tuturnya.

Dikonfirmasi langsung dari penyelenggara kegiatan yang diwakili oleh Evert Mokosuli selaku Produser menyatakan bahwa benar para pemain adalah mahasiswa FIB yang baru pertama kali menjadi aktor teater, ia juga menyampaikan “Jujur, kami bangga sekali bisa menyelenggarakan Pentas Produksi 2023 setelah 4 tahun lebih absen dari kampus. Meskipun kami sadar bahwa ada banyak hal yang perlu menjadi catatan untuk dievaluasi. Kami berharap dengan penyelenggaraan ini dapat membangkitkan semangat berkesenian generasi kami.”pungkasnya.

Adapun aktor-aktris yang disampaikan Evert:

  1. Abriano Rintjap (Orang Tua)
  2. Ardy Lapian (Anak Muda)
  3. Dewita Ante (Perempuan)
  4. Nadia Pasanda (Gembala)
  5. Lendy Kembuan (Figuran 1)
  6. Yecika Lumintang (Figuran 2)

Ivan Kaunang yang mewakili pimpinan FIB Unsrat merespon positif kegiatan ini. Ia juga berharap bahwa Pentas Produksi perlu selalu ada karena ini merupakan identitas Fakultas. “Besar harapan saya, Fakultas kami dapat menjadi sentra kebudayaan/seni. Kami tidak menutup kemungkinan FIB dapat menyelenggarakan Festival-festival kesenian.”tutup Ivan. (King)