LIPUTAN15.COM,MANADO– Sebanyak 61 mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Gorontalo Program Studi Diploma III jurusan Gizi mengikuti berbagai kegiatan, di RSUP Kandou, Senin (22/1/2024).

Antara lain pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Kesehatan dan Keselamatan Kerja RS (K3RS) dan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado.

Direktur Layanan Operasional RSUP Kandou, dr Wega Sukanto Sp BTKV didampingi Manager Diklat Ns Suwandi Luneto SKep MKes menyambut kedatangan mahasiswa dengan hangat.

Wega menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas tenaga kesehatan. Pendidikan dan pelatihan adalah kunci dalam mempersiapkan tenaga kesehatan yang kompeten.

“Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri mahasiswa Poltekkes Kemenkes Gorontalo,” ujar dr Wega saat membuka kegiatan.

Dia berharap Diklat ini dapat menjadi platform yang efektif bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Gorontalo untuk belajar dan berkembang, sekaligus membangun jaringan dengan profesional dan praktisi di bidang mereka.

“Kami berharap mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam, yang akan membantu mereka ketika memasuki dunia kerja,” kata dia.

Dalam pelatihan ini, Sukanto juga menyampaikan Instruksi dari Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/1512/2023, tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan Terhadap Peserta Didik Pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

“Dengan peran yang aktif dari individu dan institusi, kita dapat bekerja sama untuk mengatasi masalah bullying dan perundungan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan inklusif bagi semua orang,” pungkasnya.

Sementara Direktur Poltekkes Gorontalo, Mohamad Anas Anasiru,SKM,M.Kes, menyampaikan apresiasi dan terima kasih bagi Pimpinan dan Jajaran RSUP Kandou atas sambutannya.

“Terima kasih, untuk kesekian kalinya kami datang membawa Mahasiswa untuk belajar disini. Terima kasih atas kerja sama yang selama ini terus terjalin dengan baik,” ujarnya.

Disebutkannya bahwa selama di RSUP Kandou, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari para profesional kesehatan yang berpengalaman.

“Saya berharap mahasiswa juga akan mendapatkan kompetensinya sehingga diharapkan mereka bisa memberikan pengalamannya yang berharga dan mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan berdedikasi,” pungkasnya.

Program diklat ini merupakan kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Gorontalo dan RSUP Kandou dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja.