LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Pemerintah Desa Ollot II, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolmut melakasanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Desa tahun 2025.

Musrembang Desa dihadiri oleh Sangadi Ollot II Fadly Saad beserta perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, pendamping desa kemudian hadir juga Kasi PMD Kecamatan Bolangitang Barat Subhan Goma.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh Pemdes. Kegiatan Musrembang desa ini bertahap pelaksanaannya, mulai dari tingkatkan desa-kecamatan, daerah sampai nasional,” ungkap Subhan.

Sehingga, lanjutnya, kegiatan Musrembang desa harus kita laksanakan setiap tahunnya agar usulan-usulan yang tertampung bisa di di bawah untuk dilaksanakan.

“Hasil dari usulan hari ini akan direkap di kecamatan, selanjutnya akan kita input di sistem SIPD. Mana usulan yang akan dibiayai daerah, provinsi maupun APBN,” ujarnya.

Ia tambahkan, yang akan dibiayai desa nanti akan ditiinggalkan di desa, nanti desa yang mengeksekusi.

Ditempat yang sama, Sangadi Ollot II Fadly Saad menerangkan, masalah-masalah kebutuhan yang tidak bisa dieksekusi oleh dana desa, itu akan perjuangkan lewat APBD maupun APBN.

“Sebab jika kita tergantung ke dana desa, pagu anggarannya minim, sebab untuk pekerjaan fisiknya kecil,” katanya.

Ia menambahkan, usulan-usulan ini akan kita kawal sampai ditingkatkan daerah, agar terlaksana,” singkatnya.

Kesimpulan hasil dari Musrenbang desa ini telah disetujui oleh kelompok masyarakat.

PELIPUT : NVG