LIPUTAN15.COM – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB melakukan rapat koordinasi (rakor) tim percepatan penurunan Stunting (TPPS) Kota Manado tahun 2024, bertempat di Kantor Dinas PPKB, Selasa (9/1/2024) pagi.

Pada kesempatan itu kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang yang juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Manado.

Rakor ini begitu penting dengan percepatan intervensi konvergensi cegah stunting, dapat meningkatkan kembali komitmen bersama dalam penurunan dan pencegahan stunting di Kota Manado.

“Awal tahun, semangat baru, penangan stunting ini harus jadi yang serius. Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado sama seriusnya dalam penanganan stunting” ujar Sualang.

Kunci pencegahan dan penanganan kasus stunting adalah di 1000 hari pertama kelahiran, sehingga perhatian fokus pertama kita kepada ibu hamil dan balita dibawah dua tahun.

“Untuk tahun 2024 ini, kita mempunya target di angka 5,51% dari target tahun 2023 yakni 6,64% dengan capaian 0,69%,” jelasnya.

Wakil Walikota dr. Richard Sualang juga berharap tim pendamping keluarga, Posyandu di masing – masing Kelurahan harus aktif dan berperan dalam pendataan, serta melaporkan perkembangan balita dibawah dua tahun ke puskesmas atau kecamatan.

Ia juga berpesan kepada perangkat daerah dan semua stakeholder untuk saling koordinasi antar stekholder yang terkait dalam TPPS dalam upaya menyelesaikan masalah stunting di kota Manado

“Setiap dinas yang tergabung dalam TPPS harus saling berkoordinasi supaya dalam pelaporan kegiatan lebih maksimal. Tiap bulan harus ada program yang dilaksanakan dan wajib dilaporkan. Juga menjadi atensi bagi dinas maupun camat yang tidak hadir supaya nanti tidak kebingungan atau nintau apa yang mesti dikerjakan,” tegas Wawali.

Rapat tersebut dihadiri juga oleh Sekda bapak Dr. Micler Lakat , SH, MH dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Julises Oehlers, Kepala Dinas PP dan KB Ir. Meisje Wollah, Kaban Bapelitbang Dr. Liny Tambajong , Kadis Kesehatan dr. Steaven Dandel, Kadis Sosial Rollies Rondonuwu, kadis Diknas bapak Steven Tumiwa, Camat Bunaken Kepulauan Imanuel Mandak , Camat Tikala Hendri Kontu, Camat Singkil Fadly Kasim Full , Camat Mapanget Yusuf Kopitoy, Camat Tuminting Barahama, mewakili TP. PKK dokter Marini Kapojos.