LIPUTAN15.COM-Raut wajah Jefri Manoppo terlihat bahagia ketika mengikuti pelatihan test of english language (TOEFL) yang digelar Jurusan Administrasi Bisnis (AB).

Pelatihan yang bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) ini tujuannya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berbahasa inggris.

Jefri yang ditemui di lantai 4 Gedung Terpadu Polimdo, Kamis (20/06/20240) yang merupakan lokasi pelaksanaan pelatihan TOEFL, ketika diwawancarai mengatakan program ini sangatlah baik dan berguna bagi mahasiswa Polimdo.

“Pelatihan  ini merupakan salah satu batu loncatan buat mahasiswa Polimdo, untuk melatih dan mengembangkan minat dan bakatnya di bidang bahasa,” ungkap demisioner ketua UKM Bahasa UKM Polimdo itu.

Diketahui bersama, bahasa adalah salah satu kunci untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, entah itu orang luar maupun dalam negeri, apalagi dunia yang semakin berkembang.

“Jadi, dengan kegiatan ini berharap mahasiswa Polimdo bisa terlatih untuk terus mengembangkan kemampuan dalam berbahasa inggris,” ujar Jefri.

Katanya, pogram ini bagian dari dosen AB Polimdo yang menjalankan pengabdian pada masyarakat (PPM) bekerjasama dengan UKM Bahasa Polimdo.

Ketua UKM Bahasa Polimdo terpilih, Angelica Runtupalit menambahkan bahwa pelatihan TOEFL ini sangat membantu teman-teman yang merasa kurang dengan kemampuan berbahasa inggris

“Semoga dengan pelatihan ini bisa mengembangkan minat untuk meningkatkan bahasa inggrisnya,” tuturnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa berguna ke depannya, apalagi saat ini perkantoran atau perusahaan suka menerima orang-orang yang memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris.

Sedangkan akademisi AB Polimdo, sekaligus penanggungjawab PPM, Reski Amalia, S,SPD M.HUM kepada awak media menjelaskan Program ini merupakan salah satu perwujudan dari visi dan misi kampus, yakni mewujudkan mahasiswa sebagai calon alumni untuk memiliki kompetensi atau skill secara internasional.

Begitupun di Jurusan AB Polimdo, memiliki kemampuan manajerial dan kompetensi internasional.

“Sekarang ini yang menjadi tolak ukur internasional, yakni dilihat dari skor TOEFL, sehingga kami dari tim berpikir untuk mempersiapkan anak-anak sejak dini, guna mewujudkan visi  dan misi Jurusan bahkan kampus Polimdo untuk bisa berdaya saing secara internasional, salah satunya TOEFL,” ucap Reski yang saat itu didampingi pemateri lainnya, yakni Mega Fitri Wulandari SPd MPd.

Menurutnya, yang mengikuti pelatihan ini ada beberapa semester, seperti semester akhir, 2 dan 4. Dan baiknya pelatihan ini, dimulai dari awal.

Bagi yang sudah belajar sekarang ini, tinggal bagaimana mewujudkan visi dan misi  itu dengan terus dan mengasah kemampuannya dalam berbahasa inggris, tepatnya TOEFL itu sendiri.

“Pelaksanaan ini mungkin bisa disebut singkat sekali, namun ini akan berkelanjutan, di mana yang terundang pada hari ini yaitu sebanyak 20 orang peserta, yang merupakan keterwakilan dari UKM Bahasa, kemudian tinggal mereka yang akan membagikannya kepada peserta lain,” terangnya.

Mengingat, kata Reski, di UKM Bahasa Polimdo ada ratusan pesertanya, tinggal dari mereka membentuk kelompok-kelompok kecil, misalnya satu orang menghadapi sepuluh atau dua puluh orang, sehingga ini akan terus berkelanjutan.

“TOEFL ini sebenarnya untuk semester akhir, pertanyaannya kenapa ada semester awal ? supaya kegiatan ini bisa  berkelanjutan, supaya setelah pelatihan ini, sekiranya UKM Bahasa Polimdo bisa berbagi kepada adik-adiknya,” tuturnya.

Selanjutnya, Untuk pesertanya ini bukan hanya dari jurusan AB Polimdo, melainkan ada juga keterwakilan dari jurusan-jurusan lainnya, seperti Akuntansi, Teknik Elektro dan lain-lain.

“Maka dari itu, berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, dan semoga tetap berkelanjutan, sehingga semua bisa memiliki keinginan yang besar untuk belajar bahasa Inggris.”

Lanjut Reski, belajar bahasa inggris tidak cuman di sekolah saja atau hanya mengejar keperluan nilai, melainkan era saat ini semua refrensi menggunakan bahasa inggris, apalagi di era digital saat ini.

Diketahui, pelatihan TOEFL ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Jurusan AB Polimdo, yakni Dr. Christien A Karambut, SE., MM.

Dalam sambutannya juga mengatakan, kegiatan pelatihan TOEFL ini kiranya bisa memperdalam keterampilan  mahasiswa tentang penguasaan bahasa inggris.

“Pelatihan ini juga bagian dari visi Polimdo untuk bisa bertaraf internasional, kemudian mahasiswa yang dihasilkan itu harus mencapai standar itu,” sebutnya.

Makanya, tambah Christien, bahwa di Jurusan AB Polimdo saat ini ada 2 kelas menggunakan bahasa inggris, nah itu salah satu upaya untuk bisa memotivasi anak-anak yang tahu berbahasa inggris, sekali lagi di Jurusan saat ini sudah ada 2 kelas menggunakan pengantar bahasa inggris.