Liputan15.com,Minut – Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE,MAP,MM,MSi terpilih secara aklamasi dalam agenda Musyawarah Daerah (Musda) sebagai Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sulawesi Utara (Sulut) periode 2024 – 2029, bertempat di Hotel Sutan Raja Minut, Minggu (21/07/2024).

Ketua Bidang Organisasi Kelembagaan dan Kaderisasi DPP HNSI DR. Lukman Malanaung mengatakan Dengan terpilihnya Joune J.E Ganda sebagai Ketua DPD HNSI Sulut yang baru, diharapkan HNSI Sulut dapat terus berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan nelayan dan kelestarian sumber daya hayati laut di Sulawesi Utara

” Saya optimis Pak Joune Ganda akan membawa HNSI semakin maju dan meningkatkan kesejahteraan nelayan di Sulut” kata Lukman Malanaung.

Sementara itu, Joune Ganda menerima tugas dan tanggung jawab sebagai ketua dan mengajak seluruh pengurus dapat bekerja sama dalam menjalankan misi dan program organisasi.

” Terima kasih atas kepercayaan ini, semoga bersama dengan kepengurusan lainnya saya dapat menjabarkan peran penting dan komitmen HNSI dalam mewujudkan Kesejahteraan Nelayan dan Pelestarian Laut” ucap JG

HNSI sebagai organisasi yang mewadahi nelayan di Indonesia memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarganya, membangun kemandirian ekonomi nelayan, melestarikan sumber daya hayati laut, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. 

Untuk mencapai tujuan dan fungsinya, HNSI melakukan berbagai kegiatan, antara lain:

  • Advokasi dan kebijakan kepada pemerintah untuk memperjuangkan hak-hak dan kepentingan nelayan.
  • Pemberdayaan nelayan melalui pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas usaha nelayan.
  • Pengembangan usaha ekonomi nelayan melalui fasilitasi akses permodalan, pemasaran hasil perikanan, dan pengembangan usaha diversifikasi. 
  • Pembelaan hak-hak nelayan melalui jalur hukum untuk melindungi nelayan dari praktek-praktek eksploitasi dan pelanggaran hak asasi manusia. Pelestarian sumber daya hayati laut melalui edukasi dan kampanye kepada nelayan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut.
  • Membangun kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam negeri maupun luar negeri untuk memperkuat kapasitas HNSI dan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Musda HNSI Sulut ini dihadiri juga Ketua periode lama Benhard Awoah, S.Pd, Suryati Durado Bendahara DPD, utusan 11 pengurus DPC, dan pengurus HNSI Sulawesi Utara.

(**/Jane Lape)