LIPUTAN15.COM MELONGUANE – Polres Kepulauan Talaud melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Samrat 2024 bertempat di lapangan Mapolres Talaud pada Senin (15/7/2024) pagi tadi.

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Wakapolres Kepulauan Talaud Kompol Barthol Bawole. Bertindak sebagai pimpinan apel, Wakapolres Kompol Barthol Bawole membacakan amanat dari Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, SH, SIK, MH,M.Si.

Dimana dalam amanat Kapolda Sulut bahwa Apel Gelar Pasukan dalam rangka OPS Patuh Samrat 2024 ini merupakan pelaksanaan tugas Polri dengan harapan bahwa terjalinnya sinergitas bersama unsur lintas sektoral dan instansi terkait di bidang lalulinta. “Hal ini juga demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polantas,” ucap Bawole.

Sementara itu target operasi meliputi orang/pengemudi ranmor yang menggunakan ponsel, pengemudi ranmor yang masih dibawah umur, pengendara kendaraan roda dua berboncengan lebih dari 1 orang, pengemudi yang tidak menggunakan helm dan safety belt, dan mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol.

Selain itu juga target lainnya adalah pengemudi yang melawan arus lalulintas, pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan, kelengkapan kendaraan, menggunakan knalpot racing, kendaraan tidak menggunakan plat nomor /TNKB serta lokasi-lokasi rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran lalulintas.

Mengakhiri sambutannya, Wakapolres menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan operasi ini para personil yang bertugas di lapangan harus mengawalinya dengan berdoa karena hal itu adalah merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Tuhan.

“Jalin kerjasama yang aktif dengan instansi terkait karena tujuan kita adalah sama untuk melayani masyarakat. Laksanakanlah tugas dengan profesional dan proporsional serta dapat menjunjung tinggi HAM, hindari sikap arogansi personil di lapangan, jaga keselamatan kesatuan baik pribadi dan kehormatan institusi dalam pelaksanaan tugas serta wujudkan pelayanan Polri yang humanis, simpatik dan edukatif,” ungkap Wakapolres Talaud.

Diketahui bahwa pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2024 ini dilaksanakan selama 14 hari kedepan dimulai pada hari ini (15/7) hingga 28 Juli 2024 mendatang, dengan mengusung tema ‘Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas’.

Dalam kegiatan ini di ikuti oleh Peleton TNI AD, AL, Polres Kepulauan Talaud, Dishub dan Satpol PP Kabupaten Kepulauan Talaud.

Tampak dihadir dalam upacara gelar pasukan diantaranya Asisten 1 Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Talaud Daud Malensang, S.Sos, perwakilan TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan Daerah (Dishubda) Kabupaten Talaud, Pengadilan Negeri Melonguane, Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud hingga Kesatuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kepulauan Talaud. (tni)