Pekan Olahraga Pelka Ibu (PORPI) GMIST Tahun 2024 resmi dibuka pada Senin, (08/07/24) di Papanuhung Santiago Tampungang Lawo, Acara ini dibuka oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Melanchton Wolff.

Ketua Pelka Ibu Sinode GMIST, O. Makadidamo, menyatakan bahwa kegiatan PORPI tahun ini dimulai dengan lomba gerak jalan yang diikuti oleh 23 peserta. “Besok akan digelar senam sicita, dan pada hari Sabtu akan diadakan lomba dayung perempuan. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu GMIST, tetapi juga berbagai organisasi perempuan Muslim di Kabupaten Sangihe turut meramaikan acara ini,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Melanchton Wolff menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh pengurus Pelka Ibu Sinode GMIST dan panitia yang telah memfasilitasi kegiatan ini. “Saya memandang pelaksanaan PORPI GMIST 2024 sebagai salah satu langkah kreativitas. Momentum ini merupakan bentuk kegiatan religius dengan memanfaatkan nilai olahraga,” ungkapnya.

Ia berharap nilai kebersamaan yang tercermin dalam kegiatan ini dapat teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari. “Manfaatkan talenta dan karunia yang dimiliki sebagai wujud ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan Yesus dalam berbagai bidang kehidupan, serta tingkatkan terus kebersamaan dan kekompakan selaku Tubuh Kristus,” tambahnya.

Penjabat Bupati juga mengajak seluruh warga Pelka Ibu GMIST untuk terus berkarya dan bekerja dengan mengandalkan Tuhan di atas segalanya serta meneladani Yesus Kristus dalam pola pikir, sikap, dan tindak sehari-hari.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. “Dengan sumber daya manusia yang memadai, kita akan mampu mengolah sumber daya alam serta potensi lainnya yang dapat dikembangkan dari berbagai aspek pembangunan di Sangihe,” katanya.

Dalam pelaksanaan lomba-lomba dalam PORPI GMIST Tahun 2024, ia memberikan apresiasi kepada semua peserta dari jemaat-jemaat se-Sinode GMIST, organisasi gereja lainnya, serta organisasi wanita di instansi pemerintah maupun di lingkungan TNI/Polri, dan organisasi wanita Islam yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Penjabat Bupati berharap kepada tim penilai dan wasit untuk selalu menghadirkan Tuhan dalam seluruh proses penilaian agar perlombaan dapat dilakukan secara jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. “Selamat berlomba kepada semua peserta. Menang atau kalah bukanlah hal yang terpenting, tetapi bagaimana melalui perlombaan ini Tuhan dimuliakan adalah yang utama,” tutupnya.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Yosephine Mathilda Wounde, Majelis Pekerja Sinode GMIST, Ketua Pelka Ibu Sinode GMIST beserta seluruh pengurus, ketua organisasi wanita di Kabupaten Kepulauan Sangihe, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta seluruh pengurus dan anggota Pelka Ibu Resort dan jemaat se-Sinode GMIST.