LIPUTAN15.COM,TOMOHON-Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga resmi menggelar Turnamen Sepakbola antar Kelurahan bertajuk “Walikota Cup 2024”.

Turnamen ini dibuka pada Sabtu, 14 September 2024, di Stadion Babe Palar Walian dengan kick-off yang ditandai oleh pertandingan persahabatan antara tiga tim sepakbola Kota Tomohon: Tomohon All Star, Xyber FC, dan Tomohon Hebat Football Club.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Drs. F. Ventje Karundeng, MAP, membuka acara ini mewakili Walikota Caroll Senduk. Dalam sambutannya, Ventje menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif dari berbagai pihak, terutama para Lurah dan Camat yang telah berperan serta dalam kegiatan ini.

“Kejuaraan ini dilaksanakan tidak hanya untuk memperkuat rasa persaudaraan, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang olahraga, khususnya sepakbola. Kami berharap melalui kegiatan ini, akan lahir talenta-talenta sepakbola yang bisa bersinar di kancah yang lebih tinggi, mengharumkan Kota Tomohon,” ujar Ventje.

Hingga saat ini, sebanyak 31 Kelurahan se-Kota Tomohon telah mendaftar dan akan mulai bertanding pada Selasa, 17 September 2024, hingga babak Grand Final. Panitia masih memberikan kesempatan kepada tim atau kelurahan yang belum mendaftar untuk bergabung dalam turnamen ini.

Ketua Panitia, Oktavianus Mende, yang didampingi oleh Sekretaris James Welan dan Bendahara Fernando Wala, mengungkapkan bahwa “Turnamen Sepakbola Walikota Cup 2024 adalah jawaban dari kerinduan masyarakat sepakbola Kota Tomohon yang sudah hampir 10 tahun ini tidak pernah lagi melaksanakan event sepakbola kategori umum antar Kelurahan. Padahal Kota Tomohon dikenal sebagai penghasil atlet sepakbola yang pernah berkiprah sampai ke tingkat nasional, seperti Felix Lasut dan Stenly ‘Ungke’ Mamuaya.”

Mende juga menambahkan, “Atas nama Panitia dan masyarakat sepakbola Tomohon, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga serta Walikota Caroll Senduk yang telah memfasilitasi sehingga turnamen ini bisa dilaksanakan.”

Turnamen ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan dan menjadi ajang untuk melahirkan atlet-atlet sepakbola yang bisa mengharumkan nama Kota Tomohon di masa depan.