LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara masih menghadapi sejumlah tantangan sehingga memerlukan perhatian. Merespon kondisi ini, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Sirajudin Lasena-Aditya Pontoh mengeluarkan program pamungkas.

Program yang disiapkan pasangan dengan slogan SIAP ini yakni beasiswa masuk perguruan tinggi.

Program ini wujud dari keadilan pendidikan yang perlu didapat masyarakat Bolmut khususnya siswa-siswi yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi.

“Ada 17 program yang saya dan Aditya siapkan, salah satunya beasiswa tersebut,” ungkap Sirajudin, saat melakukan kampanye di Desa Ollot, Kecamatan Bolangitang Barat, Minggu (29/9/2024).

Menurut Sirajudin, program ini kami pilih bukan tanpa sebab. Ini berangkat dari masalah yang sedang masyarakat kita hadapi.

“Banyak orang-orang tua kita, harus mengadaikan bahkan sampai menjual harta demi anaknya melanjutkan pendidikan. Masalah ini yang ingin kami ringankan,” ujarnya.

Sehingga dalam program ini, dia tambahkan, kami tempatkan masalah ini sebagai program prioritas jika nanti dipercaya oleh rakyat.

Putar balik: jika melihat pejalanan Sirajudin Lasena saat menjabat Penjabat Bupati selama 11 bulan, banyak masalah peninggalan kempemimpinan sebelumnya yang mampu dia selesaikan.

Salah satunya tuntutan masyarakat Bolmut atas beasiswa akhir studi. Dimana, yang awalnya Rp2,5 juta diakhir masa pemerintahannya, Sirajudin mampu mengalokasikan dana bantuan akhir studi hingga 100 persen atau naik menjadi Rp5 juta pada tahun 2024.

NVG