LIPUTAN15.COM– Pertandingan delapan besar antara Kroasia dan tuan rumah Rusia berlangsung seru. Timnas Kroasia menang dramatis melalui adu penalti 4-3 atas Rusia, usai laga imbang 2-2 hingga 120 pertandingan di Stadion Nizhny Novgorod, Sabtu (7/7). Seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Tercatat sejumlah fakta unik juga mewarnai sukses Luka Modric dan kawan-kawan ke semifinal Piala Dunia 2018.

Kroasia sebelumnya melaju ke perempat final setelah mengalahkan Denmark melalui drama adu penalti. Begitu pula dengan Rusia yang menyingkirkan Spanyol lewat adu tendangan 12 pas.

Kroasia bakal menghadapi Inggris di babak semifinal. The Three Lions sukses ke semifinal Piala Dunia 2018 usai menyingkirkan Swedia dengan skor 2-0.

Berikut tujuh fakta unik keberhasilan Kroasia ke semifinal Piala Dunia 2018 dikutip dari Opta:

1. Semifinal Piala Dunia 2018 merupakan kali kedua Kroasia ke fase ini setelah mereka berhasil ke semifinal Piala Dunia 1998 atau 20 tahun silam.

2. Kroasia menyamai rekor Argentina yang lolos ke perempat final dan semifinal melalui dua kali adu penalti pada Piala Dunia 1990.

3. Laga Rusia vs Kroasia merupakan adu penalti keempat pada pesta sepak bola dunia di Rusia, namun untuk kali pertama tercatat gol di babak perpanjangan waktu 2×15 menit tersebut.

4. Gol penyama skor Rusia menjadi 2-2 yang dicetak pada menit ke-115 merupakan gol pertama Mario Fernandes dalam ajang internasional membela negaranya.

5. Sejak 1986 setidaknya selalu ada minimal satu pertandingan di babak perempat final yang dilanjutkan melalui extra time dan adu penalti.

6. Rusia total mencetak 11 gol dari 17 kali tembakan di Piala Dunia kali ini melalui waktu normal.

7. Total lima tim tuan rumah yang berhasil tampil di perempat final Piala Dunia edisi-edisi lalu selalu sukses ke semifinal, kecuali Rusia