LIPUTAN15 – Ternyata minum air putih hangat pagi ternyata banyak khasiatnya.
Dikabarkan LifeHack (9/10) seorang ahli gizi klinis dan kesehatan, Stella Mersovas mengatakan, dokter menyarankan untuk minum air hangat di pagi hari, bisa dengan tambahan lemon yang kaya polifenol atau teh yang bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh. “Air hangat juga membantu sistem pencernaan sebagai pengatur kerja usus,” katanya. Seperti dilansir detik.com

Selain itu, masih banyak lagi khasiat yang bisa didapat ketika minum air hangat saat perut masih dalam keadaan kosong.

1. Mencegah penuaan dini
Tidak ada yang mau menua dengan cepat. Tapi menua adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang.

Ketika dalam tubuh kita menumpuk racun, itu memicu datangnya banyak penyakit sekaligus mempercepat proses penuaan. Air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit dan menjaga elastisitasnya.

2. Meringankan rasa sakit
Air putih hangat adalah obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dari kram saat menstruasi. Segelas air hangat membantu melemaskan otot dalam perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Selain itu, air hangat juga jadi obat yang efektif untuk semua jenis kram karena bisa meningkatkan sirkulasi sel darah. Air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di dalam tubuh sehingga memberi efek rileks.

3. Membantu menurunkan berat badan
Minum segelas air hangat pagi hari terbukti bisa menurunkan berat badan. Ini bukanlah rumor semata, tapi memang air hangat bisa diandalkan sebagai peluntur lemak.

Air hangat membuat suhu tubuh meningkat dan ini berpengaruh pada meningkatnya metabolisme dalam tubuh. Hal ini lantas membuat tubuh lebih optimal membakar lebih banyak kalori.

Jika Anda memulai hari dengan minum segelas air hangat dengan lemon, maka tubuh bisa memecah jaringan adiposa atau lemak tubuh. Air hangat dengan lemon juga mengontrol keinginan makan karena lemon mengandung serat pektin.

4. Melancarkan pencernaan
Jika Anda minum segelas air hangat di pagi hari Anda akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh untuk mencerna lebih baik dan melancarkan pencernaan.

Minum air dingin setelah makan dapat menjadi kontraproduktif. Air dingin memadatkan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja Anda makan. Ini menyebabkan timbunan lemak dan membuat pencernaan tersumbat. Jadi lebih baik mengganti segelas air dingin dengan air hangat.

5. Melancarkan sirkulasi darah
Timbunan lemak dan sirkulasi yang tersumbat bisa dilancarkan lagi dengan minum segelas air hangat. Jika semua lancar maka tubuh bisa mengeluarkan racun dengan mudah.

Air hangat juga membuat rileks, membantu otot-otot menjadi lebih santai, menghilangkan sumbatan sirkulasi dan membantu melancarkan aliran darah.

6. Membantu melancarkan sembelit
Sembelit memang sangat mengganggu dan membuat orang tersiksa. Masalah pencernaan inni terjadi karena usus tidak bekerja dengan optimal. Penyebab terbesarnya adalah kurang asupan air.

Mengonsumsi air hangat di pagi hari saat perut kosong dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini ampuh mengurangi sembelit.

Metsovas mengatakan, wanita biasanya merasakan dampak langsung dari minum air putih, karena siklus hormon ini membuat sembelit menjadi masalah.”

7. Meningkatkan kualitas tidur
Ketika Anda minum segelas air hangat saat makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, ini akan membantu tubuh menjadi rileks. Segelas air hangat juga membantu menenangkan saraf sehingga membuat tidur lebih berkualitas.

Minum air hangat juga membuat tidur lebih nyenyak. Kabar baiknya, minum air hangat saat mau tidur membantu mengurangi keinginan makan tengah malam. (end)