Walikota Andrei Angouw Bersama Dinas PUPR Tinjau Infrastruktur Yang Rusak Akibat Banjir

LIPUTAN15.COM – Walikota Manado Andrei didampingi Kepala Dinas PUPR John Suwu Minggu (29/1/2023) siang menyambangi sejumlah lokasi yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Bencana banjir juga menyebabkan beberapa infrastruktur mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya

Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah jabatan Bailang yang rusak akibat banjir, tanggul drainase yang baru saja dibangun yang tak jauh dari jembatan Bailang ikut amblas.

Setelah dari Bailang, rombongan melanjutkan perjalanan menuju jembatan Boulevard 2.

Setelah itu, Wali Kota bertolak menuju Bendungan Kuwil Kawangkoan. Selain melihat kondisi bendungan, Wali Kota bersama Direktur Sungai dan Pantai Kementrian PUPR Arthur Lombogia turut menjelaskan beberapa hal terkait bencana banjir kepada awak media.

Arthur Lombogia menjelaskan penyebab bencana banjir pada Jumat hingga Sabtu lalu tersebut adalah meluapnya 6 sungai yang melewati Kota Manado, serta curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan banjir bandang pada tahun 2014 silam.

Bendungan Kuwil Kawangkoan telah mereduksi banjir hingga 96m3/detik. Saat dua pintu bendungan ditutup, terjadi kenaikan air setinggi 2 meter atau sebesar 2,3 juta kubik.

Bisa dibayangkan jika 2,3 juta kubik air ini tidak ditahan dan masuk ke Kota Manado.Kementerian PUPR akan melaksanakan National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) yang merupakan kegiatan peningkatan ketahanan banjir perkotaan terpadu melalui penanganan fisik dan nonfisik yang diusulkan didanai melalui pinjaman luar negeri Bank Dunia.

Program ini dilaksanakan untuk menangani masalah banjir di 5 kota di Indonesia, salah satunya adalah Kota Manado.

Di Kota Manado sendiri akan dibangun bangunan pengendali banjir berupa tanggul untuk memperbesar kapasitas tampungan air di Sungai Tondano, Sungai Tikala, dan Sungai Sario.

Turut mendampingi Wali Kota dalam kunjungan ini Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Bpk. Erwin Kontu, S.H, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Manado Bpk. I Komang Sudana, M.T, serta pejabat teknis lainnya.

J1vc4CG.jpg

Pos terkait

J1vc4CG.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *