LIPUTAN15.COM – SETARA Institute merilis Indeks Kota Toleran 2023. Kota Manado, Provinsi Sulut berada di posisi ke 4 Kota Toleran se – Indonesia.

SETARA menggunakan empat variabel dengan delapan indikator untuk menilai 94 kota di Indonesia. Variabel itu terdiri dari regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi agama.

Berikut ranking dan skor 10 kota toleran yang dipaparkan SETARA Institute, Selasa (30/1/2024):

Singkawang, Kalimantan Barat

  1. Bekasi, Jawa Barat
  2. Salatiga, Jawa Tengah
  3. Manado, Sulawesi Utara
  4. Semarang, Jawa Tengah
  5. Magelang, Jawa Tengah
  6. Kediri, Jawa Timur
  7. Sukabumi, Jawa Barat
  8. Kupang, Nusa Tenggara Timur
  9. Surakarta, Jawa Tengah

“Kenapa terbaik? Karena melahirkan sebuah Perda yang membutuhkan tiga kolaborasi kepemimpinan, politik, sosial dan birokrasi. Dan ini sudah dicapai oleh salah satu kota dan ini adalah produk hukum pertama dalam bentuk Perda,” kata Ismail dalam sambutannya dalam Launching & Penghargaan Indeks Kota Toleran 2023 di Grand Sahid, dikutip dari detikNews.

Ismail juga memuji wali kota yang wilayahnya masuk kategori 10 kota toleran. Dia mengatakan wali kota yang hebat sejalan dengan kebijakan yang berpihak kepada warganya.

“Seorang wali kota itu tergambar dari kebijakan-kebijakannya, dan keberpihakannya,” ucapnya.

Sementara itu, mewakili Walikota dan Wakil Walikota Manado, Sekertaris Daerah Kota Manado DR. Micler Lakat menyampaikan selamat dan sukses untuk Kota Manado sebagai rangking 4 kota Toleransi di Indonesia tahun 2023,

“Terima kasih atas sinergitas dan kerjasamanya para kepala perangkat daerah terkait, FKUB, BKSAU, masyarakat dan Pemerintah Kota Manado sehingga kita dari Peringkat/ranking 8 tahun sebelumnya, dan tahun kemarin tahun 2023 kita masuk 5 besar Indeks Kota Toleran di Indonesia sebagai rangking 4,” tutup Lakat.

Penghargaan untuk kota Manado sendiri diterima oleh Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt.Judi Tunari, Ketua FKUB Kota Manado Pdt.Janny Lompoliu dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Manado Conny Lantu.