Liputan15.com,Minut – Bupati Joune Ganda SE, MAP,MM,M.Si, meresmikan Puskesmas Pulisan, Selasa (30/1/2024).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk memberikan kemudahan pelayanan sebagai akses kesehatan bagi masyarakat yang ada di Pulisan dan pedesaan yang ada disekitarnya, kini telah diwujudkan.

Kehadiran Puskesmas ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas kesehatan, salah satunya berupa mobil ambulans.

Menurutnya, Puskesmas tersebut tentunya membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat. Desa Pulisan dan juga desa-desa yang ada di Kecamatan Likupang Timur, bahkan juga kecamatan lainnya yang ada di Likupang.

” ini perlu kita syukuri. Adanya Puskesmas tentunya manfaat pelayanannya akan lebih memudahkan masyarakat. Ditambah lagi adanya ambulans yang pasti bisa mengakses kebutuhan pelayanan masyarakat jika nantinya mendapatkan rujukan ke fasilitas kesehatan lainnya seperti RS,” Ucap JG.

Lebuh jauh dia menambahkan, Minahasa Utara adalah Kabupaten yang memiliki tenaga kesehatan yang lengkap hingga ke Puskesmas-puskesmas. Ini menunjukkan bahwa Pemkab secara strukturnya lengkap.
Kwalitas kesehatan masyarakat meningkat, SDM juga pasti meningkat.

” Perlu saya informasikan, indeks pembangunan manusia di Kabupaten kita tingkatannya lebih tinggi dari provinsi. Ini sesuai dengan penilaian dari BPS,” katanya.
Puskemas ini diharapkan Bupati boleh terjaga akan penggunaannya.

Kesempatan itu juga Bupati membeberkan, di Likupang saat ini oleh Pemkab juga sudah menyiapkan kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar). Diharapkan unit Damkar mampu mengantisipasi penanganan jika terjadi suatu kebakaran.” Beber JG.

Selanjutnya orang nomor satu di Minut ini melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian Puskesmas Pulisan yang siap guna untuk masyarakat.

” Dengan memanjakan puji syukur kepada Tuhan yang maha kuasa, saya meresmikan penggunaan Puskes Pulisan ini.” Tutupnya disambut aplaus masyarakat serta para pejabat Lingkup Pemkab Minut yang hadir.
Didampingi Kadis Kesehatan Stela Safitri bersama para kepala OPD, Bupati meninjau ruangan Puskesmas serta mobil ambulance yang ada di halaman Puskes. (Jane Lape)