28 Februari Batas Pendaftaran Maba Jalur SNBP di Polimdo

Liputan15.com-Politeknik Negeri Manado (Polimdo) mengumumkan batas pendaftaran mahasiswa baru jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Wakil Direktur Akademik Politeknik Negeri Manado, Dr Ir Tineke Saroinsong SST MEng menyampaikan bahwa batas pendaftaran mahasiswa baru jalur SNBP sampai tanggal 28 Februari 2024.

Siswa yang lulus di SNBP tidak bisa mendaftar di jalur Mandiri atau Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri (SMBM).

“Ini sudah sesuai Permendikbudristek No 62 tahun 2023 tentang penerimaan mahasiswa baru Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi Negeri,” ujarnya pada kegiatan sosialisasi di Ruang Teater, Selasa (20/2/2024).

Begitu juga yang siswa lulus di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan meregistrasi kembali tidak bisa mendaftar di jalur Mandiri.

“Untuk pengumuman lulus jalur SNBP tanggal 26 Maret 2024,” ujarnya lagi.

Tineke juga menjelaskan jalur Mandiri akan dibuka sesudah pengumuman jalur SNBP tanggal 26 Maret 2024.

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) ditetapkan tanggal pendaftaran 21 Maret hingga 05 April 2024.

Kemudian Seleksi Mahasiswa Baru Mandiri (SMBM) tanggal pendaftaran 1 April sampai 16 Juni 2024.

Namun, lanjut Wadir Akademik, ada 2 kategori untuk jalur Mandiri, yaitu Prestasi Non Akademik dan Akademik. “Itu jalur tanpa tes dan tanpa uang pendaftaran,” ungkap Tineke.

Pada Jalur Prestasi Non Akademik, siswa harus memiliki prestasi minimal peringkat 3 nasional. Kemudian dibuktikan dengan bentuk sertifikat.

Dibuktikan pula dengan medali, piagam dan dokumentasi kegiatan. Misalnya olahraga atau seni. “Datanya bisa dimasukkan dalam aplikasi. Jadi pendaftarannya 01 April sampai 16 Juni 2024,” ujar Wadir Tineke.

Sedangkan untuk Prestasi Akademik siswa harus memiliki nilai 80 dari semester 1 sampai 5. “Siswa yang memenuhi syarat itu juga tidak perlu ikut tes,” katanya.

Sementara pendaftaran jalur Tes Ujian Masuk Politeknik Negeri se Indonesia tanggal 1 April sampai 20 Juni 2024. Pelaksanaan tes tertulisnya 25 Juni 2024.

“Pengumuman jalur Mandiri dan UMPN pada 8 Juli 2024,” tukasnya. 

Pos terkait

J1vc4CG.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *