LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar launching Pilkada Bolmut 2024, disertai dengan jingle dan maskot di Lapangan Kembar Boroko, Sabtu (8/6/2024). Pada peluncuran Pilkada Bolmut 2024, KPUD memperkenalkan maskot SIBILIH (Bolmut Memilih). 

SIBILIH ini terinspirasi dari jagung atau yang biasa disebut dengan “Milu” oleh orang-orang Sulawesi Utara.

Jagung adalah tanaman yang tumbuh di atas tanah dan terlihat jelas oleh semua orang. Dalam konteks pemilu, ini mengajarkan pentingnya transparasi dan kejujuran dari para kandidat dalam proses pemilu itu sendiri.

Pemilu yang transparan memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung secara adil dan terbuka, mengurangi peluang terjadinya kecurangan dan korupsi.

Jagung merupakan juga simbol kedaulatan pangan, erat kaitannya dengan kedaulatan rakyat. Dalam pemilu, filosofi ini berarti memilih pemimpin yang benar-benar berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam segala aspek.

Referensi dan inspirasi maskot ini dari tanaman jagung yang melambangkan kesederhanaan, ketahanan, dan keuletan yang dapat diterapkan di berbagai aspek kehidupan termasuk berpolitik.

Ketua KPUD Bolmut Jamaludin Djuka mengatakan launching ini merupakan bagian dari tahapan persiapan Pilkada Bolmut dan Pilgub Sulut.

Dirinya berharap dan mengajak masyarakat bersama-sama agar menyukseskan Pilgub Sulut dan Pilkada Bolmut 2024.

Berikut Jingle Pilkada Bolmut 2024.

Suara Damai: Pesta Demokrasi Pilkada Bolmong Utara.

[Verse 1]Waktunya kini telah datang lima menit untuk lima tahun ke’depan Mari Mari mari, mari kita nyoblos lagi pesta demokrasi, Pilkada Bolmong Utara.

[Pre-Chorus] ayo gunakan hak pilihmu demi Bolmong Utara, jangan kita golput, Pilkada yang aman dan damai, Pilkada yang jujur dan adil.

[Chorus] mari kita jaga bersama lipu huta yang kita cintai, jangan saling kita bermusuhan walau beda pilihan.

[Verse 2]jangan sampai pecah karna perbedaan wujudkan Pilkada yang damai mari kita sama-sama jaga Pilkada Bolmong Utara

[Outro]Mari Mari mari, mari kita nyoblos lagi pesta demokrasi, Pilkada Bolmong Utara Mari Mari mari, mari kita nyoblos lagi duapuluh tujuh November, duaribu duapuluh empat

Genre: Gambus Oud, Bamboo flute, Kulintang, edm, Marwas, Bamboo music, Bonang.

NVG