LIPUTAN15.COM,TOMOHON—KPU Kota Tomohon menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih bagi pemilih pemula di Grand Master Tomohon pada Kamis, (06/06-2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran pemilih pemula mengenai proses pemilihan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Ketua KPU Kota Tomohon, Albertien Pijoh, menekankan pentingnya kegiatan ini sesuai dengan amanah Keputusan KPU no 620 tahun 2024. Ia berharap sosialisasi ini akan berdampak positif pada kemajuan demokrasi di Kota Tomohon. Meskipun tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mencapai angka signifikan sebesar 89%, KPU Tomohon tetap berinovasi untuk meningkatkan partisipasi dalam Pilkada 2024.

Komisioner KPU Tomohon, Rojer R. Datu, memberikan penjelasan mendalam mengenai tahapan, program, dan jadwal Pemilu atau Pemilihan, serta tugas dan wewenang KPU di berbagai tingkat. Materi yang disampaikan juga mencakup hak dan kewajiban pemilih serta informasi penting terkait penyelenggaraan pemilihan di setiap wilayah.

Substansi pendidikan pemilih yang disosialisasikan meliputi demokrasi dan partisipasi masyarakat, sistem dan tahapan Pemilu dan Pemilihan, manajemen konflik, serta upaya menumbuhkan sikap kesukarelawanan dalam Pemilu dan Pemilihan. Materi juga mencakup sinergi dan kolaborasi dengan komunitas lokal serta informasi lokal relevan.

Hadir sebagai narasumber, DR. Wenly Lolong, Tenaga Ahli Bawaslu RI, dan Yossi Korah, Anggota Bawaslu Tomohon. Peserta kegiatan ini adalah pemilih pemula yang berasal dari 16 SMA se-Kota Tomohon.