LIPUTAN15.COM, BOLMUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara melaksanakan rapat koordinasi persiapan tahapan pencalonan bupati dan wakil bupati kabupaten Bolmut tahun 2024. 

Kegiatan yang dipusatkan di rumah makan laviesta, kecamatan Kaidipang itu dihadiri seluruh pimpinan Partai Politik (Parpol) kabupaten Bolmut dan yang mewakili.

Ketua KPU Zamaludin Djuka menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan hari ini bagian dari kami (KPU, red) mengatasi masalah yang ada. 

“Karena kami ingin mengatasi lebih awal, agar masalah-masalah terkait regulasi itu, jika terjadi, itu tidak didebatkan diakhir pelaksanaan, tapi lebih awal,” ujar Zamaludin.

Ia menambahkan, pelaksanaanya ini bagian dari kita untuk menyatukan persepsi KPU dan parpol, agar dijalan nanti tidak ada lagi miskomunikasi atau mis informasi.

“Sehingga kita sama-sama mengawal pelaksanaan pilkada 2024 di kabupaten Bolmut,” singkatnya.

Ditempat yang sama, Kadiv penyelanggara KPU Bolmut Nur Apri Ramadan L. Usman mengungkap, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang agar penyelanggaran tahapan pendaftaran pasangan calon dapat berjalan sesuai aturan.

 “Setiap calon yang disiapkan para Parpol untuk maju, akan diproses oleh KPU sesuai aturan yang berlaku,” sambungnya.

Sehingga, dilaksanakannya kegiatan ini, lanjutnya, sebagai tolak ukur untuk mengetahui secara umum terkait persyaratan atau dokumen yang harus disiapkan.

“Termasuk jika ada PNS yang ingin maju di pilkada. Jadi kita fasilitasi melalui kegiatan ini, agar setiap pelaksanaan terkomunikasi dengan baik,” kuncinya.

Terpantau, kegiatan itu dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber Penitera Pengadilan Negeri kotamobagu Ir. Endro Heryanto lewat materi Sosialisasi surat keterangan elektronik (e-retarang).

Komisioner KPU Finda Babay, Firman Sy. Stion, dan Mernie Linda Wungkana juga tampak hadir pada rapat tersebut.

NVG