LIPUTAN15.COM,MANADO-Sebanyak 198 atlet Sulut mengikuti PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

Kontingen atlet Sulut dilepas Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs Steven Kandouw yang juga sebagai Ketua KONI Sulut, di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Senin (26/8/2024).

Didampingi Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Marthin Susilo M Turnip SH MH, selaku Ketua Kontingen Sulut dan Sekdaprov Steve Kepel.

Dalam sambutannya Kandouw yang juga Ketua KONI Sulut, menekankan bahwa ini merupakan momen penting setelah para atlet didampingi pelatih melalui serangkaian persiapan dalam pemusatan latihan (Training Camp).

“Selama saya berkiprah dengan KONI, persiapan kali ini adalah persiapan yang terbaik,” tuturnya.

Dia berterima kasih kepada jajaran KONI Sulut bersama Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga yang telah bekerja bahu membahu dalam mempersuapkan sarana pra sarana serta kesiapan lainnya.

“Saya percaya proses latihan itu tidak akan mengkhianati hasil, tinggal kalian jaga, transformasikan apa yang selama ini kalian sudah laksanakan (latih),” ucap Kandouw.

Dia meyakini semua atlit tidak ada yang berpikir mengikuti PON hanya sekedar turut meramaikan. Tapi menjadi tekad bersama untuk dapat mendulang hasil maksimal.

“Kita sudah bertekad PON kali ini PON prestasi. Tunjukkan prestasi kalian,” tegas Wagub seraya dijawab siap oleh semua kontingen.

“Pemprov Sulut melalui tim TAPD juga telah mengganggarkan bonus untuk atlit berprestasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Wagub Steven menyampaikan beberapa pesan penting untuk para atlit.

“Tanamkan di otak anda bahwa anda bisa, kita bisa. Siapkan mental anda, mula saat ini torang harus bermental pemenang. Target kita harus jauh lebih baik dari PON Papua kemarin,” imbuhnya.

Selain itu juga mereka diingatkan untuk tetap kompak, jaga sportifitas dan sikap (attitude). Yang tak kalah penting menjaga kondisi fisik.

Para atlit pun bisa lebih tenang karena sebagaimana program OD-SK melindungi mereka dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini jadi satu kebanggan karena perintah Pak Gubernur (atlit) harus dilindungi BPJS,” ungkap dia.

Terakhir, Wagub berpesan untuk tetap mengandalkan Tuhan dalam perjuangan semua kontingen Sulut

“Nama baik Provinsi dan masyarakat Sulawesi Utara ada di tangan kalian, selamat bertanding untuk kalian smua, Tuhan memberkati,” tandas Steven Kandouw.

Sebelumnya, Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Marthin Susilo M Turnip SH MH melaporkan bahwa Sulut akan menyertakan total 198 atlet dan 56 pelatih.

“Kami menyatakan siap untuk melaksanakan pertandingan PON XXI di Aceh – Sumatera Utara dan siap berprestasi dan mengharumkan nama Sulawesi Utara,” tegas Danrem.