LIPUTAN15.COM MELONGUANE – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Yopi Saraung dan Adolf Seweran Binilang (YOSA-ASB) mengaku optimis bakal jaga persaudaraan warga Tanah Porodisa dalam Pilkada Serentak di 27 November 2024 nanti.

Hal ini diungkapkan YOSA dalam momen Deklarasi Pilkada Damai yang digelar pada Senin (23/9) di halaman Kantor KPU Talaud di Melonguane.

Dengan mengusung tagline ‘SAY-ANG TALAUD’ keduanya tampak gagah berdampingan saat keduanya diminta untuk memberikan sambutannya dalam kegiatan yang digelar pada sore hari tadi.

Dihadapan para penyelenggara dan juga keempat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Talaud, Pengusaha muda sukses ini mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaan-Nya sehingga mereka bisa ada sampai saat ini.

“Dalam kehidupan kita, kedamaianlah yang kita utamakan. Karena melalui kedamaian semuanya dapat berjalan dengan baik. Jika hal ini terjadi, saya yakin bahwa Kabupaten Talaud damai untuk masyarakat sejahtera,” ucap Saraung.

Lanjutnya bahwa hal ini dapat terwujud ketika kita memiliki komitmen. Jangan saling menjatuhkan orang lain, jangan karena kepentingan pribadi lalu persaudaraan kita akan rusak. “Mari kita jaga keutuhan Tanah Porodisa. Momen politik hanya lima tahun tetapi persaudaraan ini harus kita junjung,” ujarnya.

Sementara itu Ir Adolf Seweran Binilang (ASB) yang ikut mendampingi YOSA pun juga turut menyerukan tentang visi-misi keduanya yang diantaranya menyoroti tentang pengelolaan lingkungan yang aman.

“Kami berjanji akan menjaga Talaud ini sesuai dengan tagline kami yaitu ‘torang SAY-ANG TALAUD. Dimana salah satu visi misi kami didalamnya juga kami mengawal tentang pengelolaan lingkungan. Contohnya seperti abrasi pantai serta drainase. Untuk itu kami berharap dukungan warga Talaud untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, bersih dan sehat,” ungkap Binilang yang merupakan mantan Sekda Talaud.

Sebelumnya diketahui bahwa dari hasil pengundian dan penetapan nomor urut Paslon YOSA-ASB mendapat nomor urut 5. Dan menariknya angka 5 ini menjadi angka spesial bagi keduanya.

“Tentunya nomor urut 5 karena kami adalah pasangan kelima atau yang terakhir mendaftarkan diri di KPU. Dan angka 5 ini memiliki banyak makna penting bagi kami yakni ini menggambarkan Pancasila dan sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Saraung.

Selain itu juga, angka 5 ini merupakan representasi dari 5 gugusan pulau di Kabupaten Talaud yakni Pulau Karakelang, Salibabu, Kabaruan, Nanusa, dan juga pulau Miangas.

“Kami pun bersyukur karena angka 5 ini merupakan suatu pertanda sesuai dengan isi Alkitab yaitu lima roti yang diberkati oleh Tuhan. Sehingga biarlah ini menjadi berkat bagi kami berdua dan juga tim kami dalam pilkada ini, sambil kami pun meminta dukungan masyarakat serta memohon tuntunan dari Tuhan. Sehingga ada kesatuan dan kekuatan untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur, karena Kami SAY-ANG TALAUD,” pungkasnya. (tni)