LIPUTAN15.COM MANADO – KPU Kabupaten Kepulauan Talaud sukses melaksanakan Debat Terbuka Antar Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud pada Senin (14/10/2024) di Manado.

Debat publik pertama yang berlokasi di Novotel Hotel Manado ini secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Talaud Andri L J Sumolang yang juga turut menghadirkan kelima pasangan calon, masing – masing, paslon nomor 1 yakni Drs Moktar Arunde Parapaga dan Ade Yeswa Sahea (MAP-AYS), paslon nomor 2 Irwan Hasan dan Haroni Mamentiwalo (IH-HM), paslon nomor 3 Welly Titah dan Anisya Gretsya Bambungan SE (WT-AGB), Paslon nomor 4 Dr Tammy Wantania M.Th dan Jekmon Amisi SH (WT-JA) dan paslon nomor urut 5 Yopi Saraung dan Ir Adolf Seweran Binilang, ME (YOSA-ASB).

Dalam sambutannya Ketua KPU Talaud Andri L J Sumolang mengatakan bahwa debat pertama ini merupakan momentum yang luar biasa dimana para pasangan calon akan memaparkan visi-misi serta saling beradu ide, gagasan bahkan program kerja untuk masa depan Tanah Porodisa lima tahun mendatang.

“Melalui debat ini bahwa ide, gagasan dan program kerja dari masing-masing paslon bertujuan untuk memberikan pertimbangan agar masyarakat Talaud dapat menentukan pilihannya pada 27 November nanti,” ucap Sumolang.

Dengan mengusung tema ‘Infrastruktur dan Pelayanan Publik’, pihaknya ikut mengajak para pendukung dan tim sukses agar dapat menciptakan pilkada Talaud yang aman dan damai.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim panelis, Pemda Talaud serta instansi terkait yang bekerjasama dalam mensukseskan pilkada ini. Sambil memohon kiranya debat perdana ini dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Ketua KPU.

Diketahui bahwa debat publik pertama ini turut dihadiri oleh 9 Panelis yakni diantaranya Dr Felly Ferol Warauw, Dr Ferry Daud Liando, Dr Viktory Rotty, Prof Dr Rosdalina Bukido, Dr dr Taufiq Fredrik Pasiak, Efendy Robby Sondakh S.IP M.Si, Johnny Alexander Suak SE M.Si, Dr Tommy Sumakul dan Ronny Adolof Buol.

Hadir pula para anggota Komisioner KPU Talaud yaitu Kadiv Teknis Penyelenggaraan Ahmad Faisal Tahir, Kadiv Sosdiklih Parmas dan SDM Hilda Jein Palandung, Kadiv Rendatin Budirman, Kadiv Hukum dan Pengawasan Jekman Wauda, Sekretaris KPU Talaud Jan Ch Kumanaung, Komisioner Bawaslu Talaud Glendy Dalope, Sekda Talaud Dr Yohanes B K Kamagi, AP, M.Si bersama Pejabat Tinggi Pratama dilingkup Pemkab Talaud serta perwakilan dari Forkopimda Talaud dan tamu undangan. (tni)