Pembahasan master plan kawasan perbatasan laut

Sangihe, – Bertempat di ruang serbaguna kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe,  dilaksanakan rapat penyusunan master plan pengelolaan kawasan perbatasan laut oleh pusat kegiatan strategis nasional (PKSN) Tahuna provinsi sulawesi utara.

Dalam pemaparan materi master plan tenaga ahli PKSN tahuna Cathelya Silaen, ST. M.P.Par mengatakan program ini adalah perwujudan dari poin ke tiga nawacita yaitu membangun dari pinggiran.

“dibutuhkan suatu master plan sebagai salah satu kawasan perbatasan laut dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat” ucapnya

Lanjutnya yang masuk dalam kawasan PKSN ada tiga kecamatan perkotaan yaitu kecamatan tahuna, tahuna timur dan tahuna barat maksud dilaksanakannya master plan ini adalah, mewujudkan pembangunan kawasan perbatasan laut berbasis potensi yang terpadu, terarah dan berkesinambungan.

“selain mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat juga bertujuan untuk menjadikan PKSN tahuna sebagai salah satu kawasan perbatasan negara laut” jelasnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Sangihe M. H. Wolf, ST. ME mengapresiasi acara yang strategis ini, kiranya semua steckholder yang hadir dapat memberikan masukan dan saran guna mencapai tujuan bersama.

“pemerintah daerah berterima kasih kepada pihak Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan karena telah kedua kalinya melaksanakan acara di sangihe, dan kiranya bagi semua undangan dapat memberikan masukan dan saran guna penajaman projek ini” kuncinya.

Hadir pada acara tersebut Perwakilan Danlanal Tahuna, Kepala Bidang Fasilitasi pelaksanaan dan monitoring pada deputi potensi perbatasan laut dan udara, Perwakilan Imigrasi, Kepala Bagian Perbatasan Setda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait