Pemkot Imbau Warga Antisipasi Perubahan Iklim

LIPUTAN15.COM – Menghadapi perubahan iklim yang melanda akhir-akhir ini Kota Tomohon termasuk dalam potensi curah hujan rendah hingga tinggi. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon menjelaskan berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG Sulut untuk curah hujan di Sulut pada bulan Juli ini dapat terjadi mulai dari curah hujan rendah sampai sangat tinggi.

“Sesuai arahan Walikota Tomohon menginstruksikan menghadapi perubahan iklim ini untuk bisa diwaspadai. Termasuk kecenderungan cuaca ekstrim yang terjadi tanpa dapat diprediksi sebelumnya,” terang Kapala BPBD Hengkie Yonesimus Supit, Kamis (21/7/2022).

Bacaan Lainnya

Pihaknya mengimbau kepada semua masyarakat untuk tetap waspada dan siaga, serta selalu menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan terlebih di saluran saluran air (drainase).

“Khusus kejadian banjir beberapa waktu lalu di jalan Tomohon – Manado BPBD telah melakukan pengecekan mendalam penyebab kejadian air meluap ke badan jalan, selain volume hujan cukup tinggi tidak biasanya juga terjadi penyumbatan gorong – gorong di beberapa titik yang diakibatkan oleh sampah sampah non organik masyarakat,” urai Supit.

Selain itu terdapat penyebab lainnya seperti keadaan drainase yang sudah tidak mampu, ditambah lagi dengan alih fungsi lahan dari hutan menjadi perkebunan.

Pos terkait

J1vc4CG.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *