LIPUTAN15.COM – Angka kecelakaan lalu lintas di kota Manado meningkat sepanjang tahun 2023. Tercatat 684 kasus kecelakaan terjadi di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara dengan jumlah kematian mencapai 61 orang.

Berdasar data dari Satlantas Polresta Manado, jumlah kasus kecelakaan mengalami peningkatan jika dibandingkan 3 bulan terakhir tahun 2022. Mirisnya, faktor penyebab terbesar meningkatkan kasus kecelakaan disebabkan karena miras/mabuk.

Kasatlantas Polresta Manado Kompol Yulfa Irawati mengatakan, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas juga cukup tinggi yang disebabkan dari tingkat kesadaran pengendara dalam berlalu lintas masih minim. Parahnya lagi banyak pengendara dalam pengaruh minuman keras.

“Faktor penyebabnya itu manusia, kurang hati – hati, dan ada juga yang mengkonsumsi minuman beralkohol” jelas Kasatlantas saat ditemui Kamis (23/11/2023).

Menjelang Nataru, pihaknya Satlantas Polresta Manado juga telah melakukan berbagai upaya untuk menekan meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas.
“Kami telah berupaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan memberikan imbauan dan sosialisasi serta meningkatkan kegiatan Dikmas Lantas kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kami terus menghimbau masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas bagaimana masyarakat atau pengguna jalan tetap memperhatikan apa yang menjadi tanggung jawab dari pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda 4,” tambahnya. (Angky)