LIPUTAN15.COM,MANADO-Kepolisian Polres Tomohon masih melakukan pendalaman soal penyebab kebakaran di Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah.

Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, S.I.K., M.M., melalui kasat Reskrim Iptu Stevi Sumolang SH menjelaskan pihaknya masih mencari tau penyebab terjadinya kebakaran yang menghanguskan lima rumah di kelurahan kolongan kota Tomohon.

Sumolang menjelaskan keterangan Saksi-saksi Rivo Wenur, umur 47 thn, pekerjaan Wiraswasta, selaku Kepala Lingkungan V, Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon.

Berdasarkan Keterangan Saksi/Korban dari Ibu Johana Lembeng, umur 60 tahun, agama Kristen Protestan, pekerjaan pensiun, alamat lingk. V kelurahan Kolongan Kec. Tomohon Tengah menjelaskan bahwa saksi sementara nonton TV lalu mendengar ada teriakan dari warga bahwa rumah milik dari keluarga Lasut-Rau sudah mulai terbakar.

Karena rumah dari saksi/korban hanya berdrkatan, saat itu juga saksi/korban langsung keluar rumah dan menyelamatan barang-barang yang bisa diselamatkan.

Saksi juga menjelaskan bahwa api pertama berasal dari rumah keluarga Lasut – Rau lalu
menyebar ke rumah saksi dan ke rumah lainnya.

Api berhasil dipadamkan pukul 12.30 wita oleh 4 unit mobil Pemadam Kebakaran yang dipimpin oleh Kasat Pol PP Kota Tomohon, serta 1 unit mobil Damkar Bantuan dari Pemkab Minahasa dan dibantu Masyarakat Sekitar.

Beruntung Tidak adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian material berjumlah Rp.900.000.000. (Sembilan ratus juta rupiah).

Penyebab terjadinya kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan namun dugaan sumber api berasal dari Rumah Kel. Lasut-Rau dan menyebar ke rumah yang di sekitarnya.

“Dan pihak kami masi sementara melakukan penyelidikan terjadinya kebakaran tersebut,” tutupnya.