Liputan15.com,Minsel-Dalam rangka mengoptimalkan sinergi Gerak dan Langkah Keluarga Indonesia mencegah Stunting untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas melalui momentum Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31, Bupati Minahasa Selatan dan Ketua TP. PKK Kabupaten Minahasa Selatan telah memenuhi persyaratan dan ditetapkan sebagai Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana (Tanda Penghargaan Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana/Bangga Kencana) Tahun 2024, berdasarkan Keputusan Kepala BKKBN Nomor 100/KEP/G2/2024 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana Tahun 2024.

Sehingga pada hari Jumat, 28 Juni 2024, Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH, dan Bersama Ketua TP.PKK Kab. Minahasa Selatan Ibu Elsje Rosje Wongkar-Sumual yang juga anggota DPRD Kab. Minahasa Selatan, menerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI, yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional RI, Bpk. Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG.(K) dalam acara Malam Penghargaan Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Tahun 2024, bertempat di Bertempat di
Merapi Grand Ballroom Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang, Jawa Tengah.

Berdasarkan Peraturan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pemberian Tanda Kebormatan dan Tanda Penghargaan Bidang Prmbangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN, yang diberikan atas prestasi, komitmen, dukungan dan darma baktinya yang besar serta kepemimpinannya dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di wilayahnya.


Selain itu juga, Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana adalah penghargaan negara yang diberikan Kepala BKKBN kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darma bakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.