LIPUTAN15– Sebuah plakat perjalanan pertama ke bulan pada misi Apollo 11 dilelang dengan harga US$468,5 ribu atau setara Rp7,1 miliar di Texas.

Plakat ini sebagian bagian dari koleksi besar yang pernah menjadi milik astronot Neil Armstrong. Dilansir dari AFP dan dikutip CNNIndonesia.com, plakat tersebut mencakup representasi modul bulan tiba di bulan pada 20 Juli 1969.

Setelah kembali ke Bumi, plakat tersebut dipasang di pangkalan kayu sebelum ditawarkan ke Armstrong, orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Dua astronot lainnya yang mengambil bagian dalam misi, Edwin “Buzz” Aldrin dan Michael Collins, juga masing-masing menerima salah satu dari plakat ini.

Dua putra Armstrong, Rick dan Mark, memutuskan untuk berpisah dari beberapa koleksi besar ayah mereka, yang meninggal pada 2012. Koleksi ini mencakup lebih dari 2.000 objek.

Hanya sebagian dari koleksi tersebut ditawarkan pada penjualan yang diadakan Kamis hingga Sabtu lalu di Dallas, Texas dan juga online. Dua penjualan besar lainnya direncanakan akan digelar pada Mei dan November 2019 oleh Heritage Auction.

Di antara koleksi Armstrong ada dua kumpulan fragmen dari pesawat Wright bersaudara dari penerbangan pertamanya, pada Desember 1903.
Lihat juga: Tak Ada Adegan Tancap Bendera, Film Neil Armstrong Dikritik
Potongan-potongan ini diambil oleh Armstrong pada misi Apollo 11 dan dengan demikian memiliki nilai sejarah ganda. Mereka masing-masing dijual seharga US$275 ribu (Rp4,1 miliar) atau sembilan kali dari perkiraan awal. (end)