Cegah Kanker, Ibu Rita Imbau Adopsi Gaya Hidup Sehat

LIPUTAN15.COM,MANADO–Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan menghadiri Sosialisasi Pencegahan Penyakit Kanker Pada Perempuan dalam memperingati Hari Kanker Sedunia 2024.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Utara ini juga memberikan sambutan pada sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Aston Manado, Selasa (6/2/2024).

Bacaan Lainnya

“Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini tentu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pencegahan, deteksi dini dan pengobatan penyakit kanker di era modern seperti sekarang ini,” ujarnya.

Selaku Ketua YKI Sulut, Rita Tamuntuan ingin membahas peran yang luar biasa dari kaum perempuan.

Pasalnya, kaum perempuan sangat berperan penting dalam upaya mencegah kanker.

Bukan sekedar merawat dan melindungi keluarga, tapi berperan melindungi kesehatan keluarga. “Pengetahuan dan kesadaran tentang kanker sangatlah penting,” ujarnya.

Sebab, menurut Rita, sebagai perempuan memiliki kekuatan untuk mempengaruhi tentang kesehatan di tengah masyarakat tentang hidup yang sehat. “Apalagi di era modern sekarang ini,” sebutnya lagi.

Dijelaskan lagi, dalam era modern yang serba cepat ini kita sering menjalani kebiasaan yang tidak sehat. Pola makan yang buruk, kurangnya aktifitas fisik setiap hari.

Kemudian gaya hidup merokok yang memiliki resiko penyakit kanker yang berbahaya.

“Jadi bagaimana kita mengadopsi gaya hidup sehat. Memakan buah-buahan, sayuran dan serat untuk menghindari zat-zat berbahaya agar dapat mengurangi resiko kanker,” imbuhnya.

Penting untuk diingat juga bahwa kaum perempuan memiliki peran penting dalam mendukung pemeriksaan kanker secara rutin.

Melakukan pemeriksaan tepat waktu seperti vaksin, agar dapat mendeteksi kanker secara dini.

Tindakan itu pula dapat mengurangi resiko kematian akibat kanker. Juga menggunakan teknologi yang baru agar dapat mendeteksi serta mengakses informasi tentang kanker.

“Ini semua merupakan tindakan yang cepat agar terhindar dari kanker,” ujarnya.

Melalui hari kanker sedunia, Rita berharap dapat menghargai tentang pentingnya kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita semua mengadopsi gaya hidup sehat, berjuang melawan kanker agar dapat menciptakan dunia yang lebih sehat,” tandasnya

Pos terkait

J1vc4CG.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *